Cek Data Penerima Bansos BLT KPM PKH 3,5 Juta Rupiah

blt kpm pkh

Pada postingan kali ini Indonesia Explorer akan memberikan tutorial atau Cara Cek Data Penerima Bansos BLT KPM PKH 3,5 Juta Rupiah. Simak postingan berikut ini.

Kementrian Sosial memberikan bantuan bagi masyarakat yang kurang mampu yang dinamakan Bansos BLT KPM PKH sebesar Rp. 3,5 juta rupiah. Untuk mengeceknya Anda bisa dtks.kemensos.go.id. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh masyarakat dari Bansos tersebut.

Bansos ini diberikan pada masyarakat dari di masa pandemi. Bagi keluarga yang menjadi program keluarga harapan atau KPM Graduasi yang lolos seleksi, akan memperoleh bantuan sebesar Rp.3.500.000,-. Target sasaran dari bantuan ini adalah KPM PKH Graduasi yang memiliki usaha.

Bansos BLT KPM PKH Sebesar Rp. 3,5 Juta

Kemensos menegaskan bahwa bantuan usaha untuk usaha kecil tersebut telah ditangani oleh pihak Kementrian. Maka bantuan program kewirausahaan Kemensos akan menyasar para target yang lebih spesifik, yaitu yang memang memiliki usaha kecil.

Bantuan kewirausahaan ini diberikan pada masyarakat, dalam rangka program reguler dari Kemensos. Bantuan ini akan diberikan kepada 10.000 KPM PKH Graduasi yang memiliki usaha. Setiap penerima Bansos akan menerima uang sebesar Rp.500.000,- dengan total anggaran hingga Rp.5 milyar.

Bantuan sosial ini diharapkan bisa membantu para pelaku usaha yang sedang merintis usaha, yaitu jenis usaha ultra mikro yang memang telah dijalankan oleh KPM PKH Graduasi. Supaya mereka bisa terus bertahan di masa pandemi ini.

Bagi KPM PKH Graduasi yang lolos seleksi nantinya akan menerima Bansos insentif dengan bantuan modal sebesar Rp.3,5 juta rupiah. Hal itu dimaksudkan untuk pengembangan usaha mereka.

Cara Mendaftar Bansos BLT KPM PKH

Total Bansos yang nominalnya Rp.3,5 juta rupiah ini adalah bantuan modal usaha dari program yang dibuat oleh Kemensos. Dalam memperoleh Bansos BLT KPM PKH ini, akan ada penyeleksian ulang bagi warga yang sudah lolos atau sudah digraduasi oleh Kemensos.

Berikut ini persyaratan dalam memperoleh Bansos yang nominalnya Rp.3,5 juta rupiah:

  1. Masyarakat atau warga yang tergolong miskin atau rentan miskin.
  2. Anggota dari KPM PKH Graduasi yang sudah digraduasi.
  3. Memiliki bidang usaha tertentu.

Untuk mendaftarkan usaha yang Anda miliki saat ini, Anda harus mengunjungi website resmi Kemensos terlebih dulu di dtks.kemensos.go.id. Bisa juga melihat daftar penerima bantuan yang dibuka melalui NIK KTP.

Apabila Anda lolos lagi penyeleksian berikutnya yang dilakukan oleh pihak pendamping PKH maka prosedur pencairan dananya, nanti akan didampingi kembali oleh pihak pendamping PKH tersebut.

Persyaratan Memperoleh Bansos BLT KPM PKH

Kemensos juga memberlakukan persyaratan tertentu dalam menerima Bansos yang harus dipenuhi oleh warga yang mendaftar, berikut syarat-syarat penerimaan Bansos:

  1. Telah lulus program PKH.
  2. Dinyatakan mandiri oleh Kemensos tapi masih merintis usaha dan bisa bangkit secara ekonomi dengan serius, sehingga memang membutuhkan BLT KPM PKH tersebut.

Jenis Usaha Penerima Bansos BLT KPM PKH

Tidak semua jenis usaha yang menerima Bansos bisa memperoleh bantuan ini, ada beberapa jenis usaha khusus yang diperbolehkan mendapat bantuan:

  1. Usaha Kelontong
  2. Usaha Bidang Kuliner
  3. Pedagang
  4. Peternak
  5. Penjahit
  6. Usaha Bidang Pertanian

Bukan hanya memperoleh bantuan langsung dari pendamping PKH, tetapi mereka juga akan dibantu merintis usahanya bagi pelaku usaha yang berkompeten.

Cara Cek Penerima Bansos Kemensos KPM PKH di dtks.kemensos.go.id

Bantuan Bansos ini akan cair di bulan Desember 2020 yang bisa diklaim langsung oleh masyarakat melalui NIK KTP yang telah terdaftar di halaman website resmi Kemensos. Cara mengeceknya dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Buka halaman website https://dtks.kemensos.go.id terlebih dahulu.
  2. Memilih ID Kepesertaan yang Anda inginkan.
  3. Masukkan nomor Kepesertaan tersebut dari ID yang sudah dipilih, tetapi jika Anda menggunakan NIK maka Anda bisa mengecek melalui NIK tersebut.
  4. Memasukkan nama yang sesuai di dalam NIK.
  5. Masukkan dua kata yang ada di sana yaitu kotak box captcha dan klik Cari.
  6. Nanti akan muncul keterangan nomor yang diinput pada layar, untuk memastikan kembali apakah ID itu terdaftar atau tidak.

Bansos akan disalurkan langsung ke rekening masing-masing jika pendaftar sudah memiliki rekening. Namun jika belum memiliki rekening tabungan, maka pencairan dana dilakukan melalui Kantor Pos Indonesia.

Demikian postingan mengenai Cara Cek Data Penerima Bansos BLT KPM PKH 3,5 Juta Rupiah.

Semoga Bermanfaat …

About the Author: Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *