8 Cara Cepat Memahami Pelajaran, Efektif di Saat Pandemi!

Cara Cepat Memahami Pelajaran

Bagi kalian para pelajar khususnya siswa/i yang masih duduk di bangku sekolah pasti pernah merasakan kesulitan dalam belajar. Hal ini terjadi karena mungkin cara belajar kalian kurang tepat atau terlalu dipaksakan. Apa lagi pada saat pandemi ini sebagian dari kalian pasti memiliki rasa jenuh atau bosan saat belajar di rumah saja.

Kalian tidak usah khawatir, berikut ini tips atau cara buat kalian agar kalian lebih cepat memahami pelajaran. Cara ini sangat efektif juga kalian lakukan saat belajar di pandemi Covid-19. Bagaimana saja caranya? Yuk, simak baik-baik cara cepat memahami pelajaran di bawah ini.

Membuat Catatan Kecil

Ada salah satu kesalahan saat belajar. Biasanya, siswa cenderung menghafal setiap detil materi yang disampaikan. Tapi, akan lebih baik jika siswa bisa fokus kepada poin-poin pentingnya saja. Ketika guru sedang menyampaikan materi, catat poin-poin penting itu di kertas kecil atau sticky notes.

Baca Juga: Jurusan Teknik Industri

Misalnya rumus phytagoras, rumus tenses, atau membuat kata kunci lainnya yang mudah diingat. Dengan menuliskannya, secara tidak sadar siswa bisa sambil mengingat kembali pelajaran tersebut. Kemudian, siswa bisa menempelkannya ke tempat-tempat yang sering merka lihat, seperti dinding kamar, cermin, atau buku.

Menggarisbawahi Hal Penting

Menggaris bawahi hal-hal penting saat membaca atau mempelajari sebuah buku tentunya tidak akan sulit siswa lakukan. Siswa tinggal menggaris bawahi hal-hal pentingnya tanpa memakai penggaris. Atau bisa juga dengan highlighter atau pulpen berwarna yang bisa membuat buku siswa lebih berwarna.

Apabila penuh warna, maka tidak menutup kemungkinan semangatsiswa juga akan lebih meningkat. Cara ini akan memudahkan siswa ketika mencari materi yang mereka butuhkan karena menghemat waktu.

Membuat Mind Map

Ada pun cara lain yang bisa menghemat jam belajar siswa dan membuat mereka lebih siap menghadapi ujian. Banyak orang menamai cara ini dengan mind mapping. Mind mapping merupakan proses pemetaan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu. Isi dari Mind map ini yakni tulisan atau gambaran langsung dari cara kerja koneksi dalam otak. Cara ini juga dapat mengembangkan cara berpikir kreatif siswa.

Perbanyak Latihan Soal

Cara ini sangat cocok saat akan menghadapi UAS, karena sangat penting menjawab latiha-latihan soal sebelum menghadapi ujian. Semakin sering siswa menjawab latihan soal, maka meraka akan semakin paham model soal yang ditanyakan. Pastinya soal yang diujikan nanti tidak jauh berbeda dengan latihan soal sebelumnya.

Baca Juga: Jenis Jurusan Kuliah

Case Study

Tidak jarang ada beberapa materi yang lumayan sulit siswa pahami hanya dengan mengikuti pedoman teori. Oleh sebab itu, studi kasus bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan cara ini, siswa akan dihadapkan dengan sebuah kasus, sehingga mampu memvisualisasikan teori dan jadi lebih mudah paham.

Brainstorming

Jika siswa sudah merasa bosan belajar sendiri, alangkag baiknya mereka mencoba belajar dengan teman-temannya. Brainstorming ini bisa jadi salah satu cara untuk bertukar serta memperluas ide yang siswa dan teman-temannya miliki. Selain lebih seru, siswa akan mendapat banyak ide baru yang memperkaya pengetahuan mereka.

Cari tahu tipe belajarmu

Memahami tipe belajar ini memang tidak boleh dihiraukan. Jika siswa sudah memahami tipe belajarnya, maka untuk ke depannya akan lebih mudah dalam mengerti pelajaran dengan caranya sendiri. Misalnya dengan menonton video belajar, mendengar rekaman suara, diiringi lagu, dan sebagainya.

Buat Jadwal Belajar

Cara ini memang terlihat sepele, namun mempunyai dampak yang sangat besar. Jadwal belajar bisa membangun konsistensi siswa dalam belajar, khususnya pada saat menjelang ujian seperti UAS. Tetapi, siswa pun jangan hanya menjadikan jadwal belajar sebagai pajangan saja di kamarnya. Meraka harus bisa menggunakannya sebagai pemicu semangat untuk bisa sukses menghadapi ujian.

Nah, itulah 8 cara cepat memahami pelajaran yang efektif kalian lakukan di saat pandemi Covid-19 ini. Dari kedelapan cara di atas mana cara yang paling kalian suka? Semoga bermanfaat ya Sobat IndonesiaExplorer, dan jangan lupa terus semangat untuk mencapai semua yang kalian cita-citakan.

About the Author: Fabriyan Fandi Dwi Imaniawan

First You Learn, Then You Remove The "L"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *