Wisata Unik Dan Bersejarah di Kabupaten Sumenep

Masjid Jamik Sumenep
Advertisement

Wisata Sumenep РSumenep adalah sebuah kabupaten yang tepatnya berada di paling ujung timur Pulau Madura Jawa Timur.  Sumenep sendiri yang memiliki wilayah yang cukup luas ternyata selain adanya tempat wisata yang indah seperti pantai cemara udang atau pantai slopeng dan tempat wisata lainnya, disana ternyata juga banyak sekali tempat bersejarah yang unik yang bisa dijadikan tempat pariwisata bagi para wisatawan yang ingin berkunjung. Kota Sumenep yang juga merupakan salah satu kota tertua banyak menyimpan nilai sejarah yang menurut cerita dulu Kota Sumenep ini masih berupa keraton. Berikut tempat-tempat bersejarah yang wajib Anda kunjungi saat tiba di Kota Sumekar ini, antara lain :

1. Museum Keraton Sumenep

Museum ini merupakam salah satu museum yang terdapat di kabupaten Sumenep yang dikelola oleh pemerintah daerah Sumenep yang di dalamnya terdapat banyak nilai sejarah dan menyimpan berbagai koleksi benda-benda cagar budaya peninggalan keluarga Karaton Sumenep pada jaman dahulu. Dan beberapa peninggalan masa kerajaan Hindu Budha yang dulu ada di Sumenep seperti arcaWisnu dan Lingga yang ditemukan di salah satu kecamatan di Sumenep yaitu Kecamatan Dungkek. Di dalam Museum Karaton Sumenep juga ada beberapa koleksi pusaka peninggalan Bangsawan Sumenep diantaranya sebuah guci keramik dan Katera My Lord salah satu pemberian Kerajaan Inggris kepada Raja Sumenep yaitu Sri Sultan Abdurrahman Pakunataningrat I dengan jasanya yang telah membantu salah satu Gubernur Inggris untuk sebuah penelitian yang dilakukan di Indonesia yaitu Thomas Stamford Raffles.

2. Keraton Sumenep

Selain museum, di Kabupaten Sumenep juga terdapat Keraton Sumenep yang dibangun oleh Panembahan Sumolo Asirudin Pakunataningrat, yang tak lain adalah seorang Adipati Sumenep XXXI, dan kemudian diperluas oleh keturunannya yaitu Sri Sultan Abdurrahman Pakunataningrat I. letak Karaton Sumenep ini sendiri berada tepat di depan Museum Keraton Sumenep, jika dilihat dari bangunannya, Karaton Sumenep ini masih terlihat kokoh meski usianya sudah tua, dan arsitekturnya yang unik dan bersejarah.

3. Masjid Jamik Sumenep

Masjid Jamik ini merupakan bangunan yang memiliki arsitektur atau gaya bangunan yang khas, memadu padankan berbagai kebudayaan yang ada menjadi bentuk yang megah namun tetap telihat unik, masjid ini dibangun oleh Raja Sumenep, Panembahan Somala Asirudin Pakunataningrat yang pernah memerintah pada tahun 1762-1811 M dengan mendatangkan seorang arsitek dari kebangsaan Tiong Hoa yaitu Lau Pia Ngho.

4. Kota Tua Kalianget

Kota Tua Kalianget ini terletak di sebelah timur dari Kota Sumenep, disini para pengunjung disuguhi dengan beberapa peninggalan-peninggalan dari Pabrik Garam, gaya Arsitektur pada jaman Kolonial Belanda dan juga beberapa daerah pertahanan yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial saat menjajah dan menguasai wilayah Sumenep.

5. Tanean Lanjhang

Tanean Lanjhang termasuk salah satu Rumah Adat Tradisional Madura yang ada di Kabupaten Sumenep. Anda bisa menemui dan melihat Rumah Adat ini di beberapa daerah menuju Pantai Lombang maupun Pantai Slopeng.

Itulah uraian singkat mengenai 5 wisata unik dan bersejarah yang ada di kota Sumenep Madura. Saya harap uraian ini dapat menjadi tambahan wawasan anda dalam mengeksplore wisata Indonesia untuk liburan panjang anda terutama di kota Sumenep.

Indonesia Explorer:

5 Photos of the Wisata Unik Dan Bersejarah di Kabupaten Sumenep

Tanean LanjhangKota Tua KaliangetMasjid Jamik SumenepKeraton SumenepMuseum Keraton Sumenep
Wisata Unik Dan Bersejarah di Kabupaten Sumenep | Ismail | 4.5 | Tags :wisata sumenep, keraton sumenep, kota tua kalianget,

Leave a Reply