Wisata Sejarah Semarang Lawang Sewu

Wisata Semarang Lawang Sewu
Advertisement

Wisata Semarang – Ada banyak sekali jenis dan macam obyek wisata yang bisa dinikmati baik bersama dengan keluarga maupun teman-teman dekat yang bisa ditemukan di Semarang. Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah dan sangat terkenal akan kebudayaan tradisional Jawanya yang sangat kental. Tentunya sebagai sebuah kota yang sangat terkenal, Semarang juga memiliki berbagai lokasi atau obyek wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan baik bersama dengan keluarga atau bahkan teman-teman dekat. Mulai dari wisata budaya hingga taman hiburan bisa dinikmati oleh wisatawan baik itu dari dalam negeri ataupun luar negeri, atau dalam kota Semarang sendiri dan luar kota Semarang. Salah satu wisata sejarah Semarang yang bisa dinikmati adalah Lawang Sewu.

Lawang Sewu sebenarnya merupakan nama sebuah gedung yang dulunya digunakan sebagai kantor NIS atau merupakan Kantor Pusat Perusahaan Kereta Api Swasta NIS di masa pendudukan Belanda di Indonesia. Gedung ini terletak di Jalan Pemuda, Kompleks Tugu Muda, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Gedung ini dibandung pada tahun 1904 dan selesai dibangun pada tahun 1907. Gedung ini disebut dengan Lawang Sewu karena memiliki pintu yang sangat banyak dan juga jendela yang lebar dan tinggi sehingga terlihat seperti pintu.

Lawang Sewu memiliki bentuk arsitektur yang indah dan sangat terlihat pengaruh Belanda yang terlihat jelas pada bangunan ini. Gedung ini juga memiliki nilai sejarah yang tak ternilai, mulai dari penjara bawah tanah hingga kantor pemerintahan pasca kemerdekaan Indonesia sehingga gedung ini dimasukkan ke dalam bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang harus dilindungi. Gedung ini sampai sekarang masih berdiri dengan megahnya dengan berbagai ruangan besar yang dilengkapi dengan ball room, ruang makan yang sangat luas khas budaya Belanda, gedung serbaguna hingga gedung pertunjukan sendiri di lantai atas. Jika Anda berharap menemukan perabotan di gedung ini, Anda tidak akan bisa menemukannya karena tentunya tidak ada lagi perabotan yang tersisa yang bisa ditemukan di gedung ini.

Lawang Sewu terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul enam pagi hingga enam sore waktu setempat. Harga tiket masuknya pun cukup murah. Hanya Rp. 5.000,- untuk masuk ke Lawang Sewu dan Rp. 10.000,- untuk masuk ke ruang bawah tanah. Selain itu, terdapat juga waktu khusus untuk hari Kamis, Jum’at, dan Sabtu dimana tersedia paket mengitari Lawang Sewu pada pukul 24.00 WIB.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Wisata Sejarah Semarang Lawang Sewu

Wisata Semarang Lawang Sewu
Wisata Sejarah Semarang Lawang Sewu | Ismail | 4.5 | Tags :lawang sewu, wisata semarang,

Leave a Reply