Wisata Rumah Gadang Abai Sumatera Barat

Rumah gadang
Advertisement

Rumah gadang merupakan salah satu peninggalan kebudayaan masyarakat kabupaten Solok Selatan yang sangat bersejarah sekali serta memiliki nilai – nilai kesenian yang luar biasa. Di kabupaten tersebut anda akan melihat banyak sekali rumah – rumah gadang yang berdiri dengan kokoh, dan masnyarakat sekitar menjuluki tempat tersebut sebagai Nagari Seribu Rumah Gadang.

Di objek wisata rumah gadang anda akan melihat bangunan rumah gadang yang di klaim terpanjang di kota Minangkabau dengan nama rumah gadang 21 ruang abai. Kondisi rumah ini sangatlah memilukan, di mana anda akan melihat pada beberapa bagian ruangan yang sudah rapuh dan rusak karena usianya yang semakin tua tanpa adanya renovasi ataupun pembaharuan.

Rumah Gadang 21 Ruang Nagari Abai

Rumah Gadang 21 Ruang Abai diperkirakan memakan waktu sekitar 3 tahun pembangunan mulai dari tahun 1972 hingga 1975 yang dilakukan secara bergotong royong oleh masyarakat sekitar. Anda akan melihat arsitektur bangunan yang cukup unik dan tradisional dengan dibentuk sekitar 15 gonjong yang dapat anda temukan di bagian dalam ruangan dan dekat dengan gerbang masuk rumah.

Panjang rumah gadang tersebut sekitar 95 meter dengan ruang utama yang berada di tengah dan beberapa ruang kamar tidur di dekatnya. Rumah gadang ini juga dinilai kurang sempurna dikarenakan tidak semua ruang kamar tidur berhasil dibangun dengan menggunakan sekat – sekat pembatas.

Disamping itu, kondisi rumah gadang ini terlihat sudah mengalami moderenisasi dengan perubahan penggunaan pada atap yang telah berlapiskan seng – seng, serta dinding – dinding bangunan yang digantikan dengan semen. Keadaan ini sungguh memilukan, karena para wisatawan tidak dapat menyaksikan keindahan rumah gadang dengan arsitektur tradisionalnya.

Perubahan tersebut lebih dikarenakan pemerintah setempat kurang memperhatikan dalam memelihara serta mengembangkan potensi wisata budaya rumah gadang yang telah terkenal hingga ke mancanegara.

Perkampungan rumah gadang Abai ini sangat dekat dengan Danau Maninjau, terdapat di Kenagarian Abai, Kec Sangir Batang Hari, Sumatera Barat yang dapat anda tempuh sekitar 3 jam perjalanan dari kab Solok Selatan, dan sekitar 4 jam perjalanan dari Muara Labuh dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Wisata Rumah Gadang Abai Sumatera Barat

Rumah gadang
Wisata Rumah Gadang Abai Sumatera Barat | Ismail | 4.5 | Tags :rumah gadang minangkabau, Rumah gadang, sejarah rumah gadang,

Leave a Reply