Wisata Pelabuhan Ratu Jawa Barat

Wisata Pelabuhan Ratu
Advertisement

Wisata Pelabuhan Ratu – Pesisir selatan jawa barat memang terkenal akan keindahan pesona alamnya, terutama sekali jika anda berlibur ke pelabuhan ratu yang terletak sekitar 60 kilometer dari kota Sukabumi. Salah satu tempat wisata di Indonesia ini sangat terkenal sekali dengan kondisi ombaknya yang besar dan cukup kuat sehingga akan sangat berbahaya jika anda melakukan aktivitas berenang di sana.

Wisatawan yang datang ke objek wisata pelabuhan ratu akan melihat sebuah pemandangan pantai dengan perpaduan kondisi struktur wilayah yang landai dan curam serta pada beberapa lokasi terdapat batu – batu karang terjal yang dapat membelah setiap ombak yang datang mendekat. Kondisi seperti ini sering dimanfaatkan oleh para wisatawan, terutama fotografer guna mendapatkan sisi keindahan dari pantai pelabuhan ratu.

Kegiatan Di Wisata Pelabuhan Ratu

Aktifitas –aktifitas yang dapat anda lakukan di objek wisata pelabuhan ratu seperti berjemur, bermain pasir, melihat matahari terbit dan tenggelam, mengunjungi hutan cagar alam yang terletak tidak jauh dari pusat wisata ataupun berkeliling pantai dengan menggunakan sepeda yang dapat anda sewa dengan harga terjangkau.

Dahulu kala, presiden pertama Indonesia “Soekarno” berbicara bahwa pelabuhan ratu merupakan sebuah tempat wisata pantai di Sukabumi yang sangat mengagumkan jika dapat di kelola dengan baik. Hal tersebut juga terlihat dengan didirikannya sebuah tempat peristirahatan untuk Soekarno pada tahun 1960 di Tanjo Resmi. Dan untuk lebih memanjakan para wisatawan yang datang, soekarno pun telah membangun sebuah penginapan yang di beri nama Samudera Beach Hotel.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat bahwa pantai pelabuhan ratu merupakan wilayah kekuasaan Nyai Roro Kidul yang merupakan seorang ratu pantai selatan. Konon isu dan desas desus yang ada hingga kini, salah satu ruangan yang terdapat di Samudera Beach Hotel tersebut disediakan secara khusus untuk di tempati ratu penguasa. Informasi ini diperoleh dari cerita rakyat masyarakat sekitar objek wisata pelabuhan ratu.

Apa pun itu, secara garis besar objek wisata pelabuhan ratu merupakan sebuah tempat yang menyajikan keindahan alam serta pesona budaya masyarakat sekitar. Pada saat – saat tertentu anda dapat menyaksikan sebuah upacara adat yang berhubungan erat dengan penguasa ratu pantai selatan. Ini merupakan salah satu kebudayaan dari masyarakat Indonesia yang tidak hilang hingga sekarang ini.

Jika anda ingin berlibur ke objek wisata pelabuhan ratu, pastikan anda tidak melakukan aktivitas berenang bersama keluarga di sana, dikarenakan keadaan lingkungan yang tidak mendukung serta cuaca yang sering berubah – ubah dengan cepatnya.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Wisata Pelabuhan Ratu Jawa Barat

Wisata Pelabuhan Ratu
Wisata Pelabuhan Ratu Jawa Barat | Ismail | 4.5 | Tags :pantai pelabuhan ratu, tempat wisata di sukabumi,

Leave a Reply