Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura

Pantai Lombang Sumenep Madura
Advertisement

Pantai Lombang merupakan salah satu wisata pantai andalan yang ada di Kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini merupakan wisata andalan yang ada di bumi Sumekar, selain juga Pantai Slopeng. Selain deburan ombaknya yang cukup tenang dan pasir putihnya yang begitu halus, pantai ini juga menghadirkan pohin cemara udang yang begitu rindang yang berjajar mengikuti garis pantai. Pantai yang terletak di sebelah timur kota Sumenep atau sekitar 25 km dari kota Sumenep, tepatnya berada di desa Batang-batang sangat ramai dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun asing. Dalam pelafalan Madura, pantai Lombeng disebut dengan “Lombheng”. Karakteristik dari pantai ini yaitu pasir putihnya yang begitu halus yang terbentang sejauh 12 km yang dihiasi dengan jejeran pohon cemara udang yang tumbuh begitu lebat di tepi pantai yang semakin menambak ke eksotisan dari pantai ini.

Sejak jaman penjajahan Belanda dahulu, pantai ini memang dikenal sebagai tempat wisata. Dan konon, dahulu Noni-Noni Belanda sangat menyukai berwisata ke Pantai Lombang ini. di pantai ini juga terdapat pohon cemara udang yang merupakan tumbuhan endimi yang ada di pantai ini. phon cemara udang memiliki ketinggian sekitar 4 meter dari permukaan tanah, namun tidak seperti kebanyakan cemara pada umumnya berdi tegak, pada cemara udara pohonnya nampak membungkus yang miring sekali dengan udang. Di tepi pantai dibawah pohon cemara udang terdapat beberapa tempat berteduh seperti gazebo, yang memang di bangun oleh pemerintah setempat untuk kenyamanan para pengunjung.

Menikmati Rujak Madura Di Pantai Lombang Sumenep

Di pantai  yang tekenal dengan cemara udangnya tersebut, memiliki deburan ombak yang tidak begitu besar sehingga aman bagi para pengunjung, baik dewasa ataupun anak-anak untuk berenang, selian karena air pada pantai ini juga jernih, bersih dan berwarna kebiru-biruan. Dengan menikmati es kelapa muda dari pedagang di sekitar pantai selain itu juga sembari menikmati rujak khas madura yang terkenal dengan kelezatannya, pengunjung juga bisa sambil bersantai dibawah rindangnya pohon cemara udang. Pantai Lombang ini memang tempat berkunjung bagi berbagai turis lokal maupun asing, tak jarang turis asing dari manca negera pun pernah singgah di pantai ini, dan bahkan hingga bermalam di pinggiran pantai ini.

Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama pada saat akhir pekan atau libur panjang. Namun akan semakin ramai apabila telah datang Hari Raya Ketupat (satu minggu setelah hari raya lebaran). Karena pada waktu itu, di Pantai Lombang ini di adakan beragam pementasan kebudayaan Sumenep, orkes dangdut dan band dan berbagai hiburan lainnya, dan dijamin pengunjung akan membludak pada saat itu. Untuk fasilitas, sudah banyak tersedia di tempat ini, seperti warung makan dan minum, kamar bilas seusai berenang di pantai. Untuk tiket masuk ke lokasi Pantai Lombang pengunjung akan dikenai biaya sebesar Rp 6.000 saja, namun akan berbeda bila pada Hari Raya Ketupat, harga tiket bisa mencapai Rp 15.000/orang.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura

Pantai Lombang Sumenep Madura
Wisata Pantai Lombang Sumenep Madura | Ismail | 4.5 | Tags :wisata madura, wisata jawa timur, pantai di madura,

Leave a Reply