Wisata Kuliner Yogyakarta Gudeg Di Kampung Wijilan

Gudeg Di Kampung Wijilan
Advertisement

Gudeg tak pelak merupakan makanan khas yang merupakan salah satu identitas kota jogja. Kapanpun dan dimanampun, saat anda mendengar jogja pasti yang pertama dikaitkan adalah gudeg. Makanan ini manis bercampur pedas yang dibuat dari nangka. Nah, salah satu tempat wisata kuliner Yogyakarta untuk wisata gudeg adalah kampung wijilan.

Kampung wijilan sejauh ini dikenal dengan sentra gudeg karena di sepanjang jalan wijilan pengunjung bisa menenmui warung gudeg. Lokasi wijilan sendiri ada di sebelah timur alun-alun utara keraton jogja. Dari malioboro, hanya diperlukan sekitar 10 menit untuk mencapai wijilan dengan berjalan kaki. Posisi wijilan yang strategi tentu saja menjadi keuntungan karena bagi anda yang datang ke pusat gudeg ini bisa sekalian datang ke tempat tempat wisata lainnya. Sejauh ini, banyak orang datang ke wijilan karena penasaran dengan gudek asli jogja. Kata asi disini mengacu pada cita rasa yang sebenarnya mengingat banyak sekali warung gudeg yang ada di jogja namun mereka tidak bisa mewakili rasa gudek yang asli.

Wisata Kuliner Yogyakarta

Saat datang ke wijilan, ada beberapa pilihan gudeg yang bisa anda temui. Gudeg kering, misalnya, makanan ini sama sekali tidak berkuah sesuai dengan namanya. Ada banyak pilihan menu terkait dengan gudeg kering yang anda temui di wijilan. Anda bisa memakan paket gudeg dengan tempe atau tahu bacem yang rasanya sangat manis. Paket lain yaitu gudeg dengan ayam kampung. Tak lengkap rasanya bila memakan gudek tidak dengan krecek, kerupuk kulit sapi yang dibuat lembut. Rasa krecek ini menjadi penetral gudeg yang sangat manis. Pada umumnya krecek diisi dengan cabai merah sehinga rasa pedasnya menjadi luar biasa.

Gudeg lain yang ada di kampung wijilan adalah gudeg basah. Perbedaanya adalah jenis ini cenderung berkuah. Satu hal yang perlu diingat saat datang ke wijilan adalah harga gudeg di tempat ini relatif mahal. Mengapa demikian? Pertama, gudeg yang ada di wijilan adalah gudeg jogja yang sebenarnya. Ini artinya rasa yang ditawarkan sudah yang terbagus. Selain itu, gudeg yang ada di wijilan juga dibuat dengan budaya sudah ada sejak dulu. Misalnya memasak dengan menggunakan arang atau kayu bakar sehingga cita rasa yang dihasilkan sangat khas.

Nah, itulah ciri khas dari kampung wijilan yang merupakan pusat gudeg jogja. Bila datang ke jogja, tempat wisata kuliner yogyakarta tentu tidak boleh dilewatkan karena belum lengkap rasanya datang ke jogja sebelum merasakan gudeg. Sebagai oleh oleh, gudeg wijilan juga tersedia dalam paket bungkus. Bahkan, gudek wijilan kini sudah ada yang siap pakai alias gudek yang sudah dikemas dalam kaleng. Anda tinggal memilih saja apakah mau membawa yang dibungkus atau yang ada di dalam kaleng. Pesona wijilan memang terkesan dilupakan oleh para wisatawan yang datang ke jogja. Hal ini terbukti dari tidak dimasukkannya wijilan ke paket wisata banyak orang. Kapanpun anda datang ke wijilan, tentu jangan lupa langsung singgah ke tempat wisata yang ada disekitarnya. Kraton Yogyakarta hanya bersebelahan dengan wijilan. Begitupun malioboro dan benteng vranderburg yang mempunyai nilai sejarah. Hanya perlu lima sampai sepuluh menit saja dari wijilan untuk mencapai tempat wisata tersebut. Jogja memang selalu menarik karena kota ini memiliki banyak keistimewaan. Dari makanan sampai ke keraton jogja dan termasuk kampung wijilan, jogja telah mengundang daya tarik banyak wisatawan untuk berlibur.

Untuk wisata kuliner yogyakarta unik lainnya and bisa datang ke The House of Raminten 

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Wisata Kuliner Yogyakarta Gudeg Di Kampung Wijilan

Gudeg WijilanGudeg Di Kampung Wijilan
Wisata Kuliner Yogyakarta Gudeg Di Kampung Wijilan | Ismail | 4.5 | Tags :wisata kuliner yogyakarta, wisata kuliner gudeg, wisata kuliner jogja murah,

Leave a Reply