Wisata Istana Air Taman Sari di Kota Gudeg Jogja

Taman Sari
Advertisement

Wisata Jogja – Banyak sekali lokasi wisata yang bisa ditemukan dan dikunjungi di Jogja. Jogja merupakan sebuah daerah yang memiliki keistimewaan tersendiri di bawah pimpinan Sri Sultan. Tentunya Jogja pun sangat terkenal akan tradisi dan kebudayaan khas Jawa yang cukup kental di masyarakatnya. Jika Anda ingin menghabiskan liburan di Jogja bersama keluarga maupun teman-teman Anda, Anda bisa memilih berbagai lokasi wisata di Jogja dari Jalan Malioboro hingga Pantai Parangtritis. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya Anda memasukkan Istana Air Taman Sari ke dalam daftar lokasi wisata yang akan Anda kunjungi selama Anda berada di Jogja.

Lokasi Istana Air Taman Sari Jogja

Istana Air Taman Sari merupakan sebuah lokasi wisata dimana obyek wisata ini merupakan sebuah kompleks istana yang memiliki berbagai bangunan di dalam. Walaupun namanya Istana Air Taman Sari, namun tidak semua bangunan di dalam kompleks ini berada di dalam air. Istana ini juga memiliki nama lain, yaitu Perfume Garden atau Fragrant Garden. Kenapa? Karena banyak sekali bunga dengan bau harum yang di tanam di taman kompleks istana ini. Istana ini masih termasuk ke dalam kawasan Keraton Yogyakarta. Lebih tepatnya lagi, Istana ini terletak di Jalan Taman, Kraton, Yogyakarta Indonesia.

Sejarah Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari didirikan pada tahun 1758 dari ide Pangeran Mangkubumi dengan Raden Ronggo Prawirosentiko sebagai arsitek dan Demang Tegis sebagai tenaga ahli struktur istana ini. Istana ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya berbagai pengaruh kebudayaan yang terlihat pada bangunan di dalam kompleks istana. Istana ini dibangun untuk tempat peristirahatan anggota keraton serta sebagai camouflage area bagi para musuh. Selain itu, istana ini juga difungsikan sebagai benteng pertahanan, tempat meditasi para Raja, lokasi membatik bagi para selir dan putrid Raja, tempat latihan militer para prajurit, sera berbagai fungsi lainnya.

Istana Air Taman Sari memiliki dua gerbang atau Gapuro yang sangat terlihat pengaruh asli kebudayaan Jawa. Istana ini buka setiap hari dari pukul sembilan pagi hingga tiga sore. Untuk harga tiket, Anda tidak perlu khawatir. Harga tiket masuk istana air taman sari ini cukup murah. Selain itu, Anda juga bisa menyewa pemandu dengan harga yang bisa ditawar. Bagaimana? Tidak ada salahnya menikmati kebudayaan Jawa di istana ini kan?

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Wisata Istana Air Taman Sari di Kota Gudeg Jogja

Taman SariIstana Air Taman Sari
Wisata Istana Air Taman Sari di Kota Gudeg Jogja | Ismail | 4.5 | Tags :kota gudeg, Istana Air Taman Sari, Wisata Jogja,

Leave a Reply