Wisata Danau Kelimutu

Wisata Danau Kelimutu
Advertisement

Siapa yang tidak mengenal keindahan alam dari tempat wisata danau kelimutu. Danau yang namanya telah terkenal hingga mancanegara ini, memiliki banyak keindahan Alam dan keunikan danau yang tidak dimiliki ditempat lain di indonesia bahkan dunia. Danau kelimutu sejatinya adalah danau yang dimiliki oleh gunung kelimutu, gunung berapi yang terletak di pulau flores provinsi NTT ini memiliki pemandangan alam yang eksotis, di ujung gunung kelimutu lah danau tiga warna (sebutan lain dari danau kelimutu) berada. Danau kelimutu lebih dikenal dengan nama danau tiga warna karena danau ini memiliki tiga buah warna yang berbeda, yaitu merah, biru dan putih meskipun warna-warna ini dapat berubah-ubah seiring waktu.

Masyarakat setempatpun memiliki kepercayaan tersendiri dengan warna-warna yang ada pada danau kelimutu ini. Seperti danau dengan warna biru dipercaya merupakan tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang telah meninggal, danau denganwarna merah memiliki arti, tempat berkumpulnya jiwa-jiwa yang yang telah meninggal dan selama masa hidupnya melakukan kejahatan. Dan warna terakhir dari danau kelimutu ini adalah warna putih, memiliki arti tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Keindahan Wisata Danau Kelimutu

Luas dari keseluruhan danau kelimutu adalah, 1.051.000 meter persegi dengan volume air yang dimiliki danau ini adalah 1.292 juta meter kubik. Dan setiap danau dibatasi dengan dinding batu yang sempit dan mudah longsor. Dengan kemiringan yang sangat terjal yaitu kemiringan 70 derajat dan ketinggian dindingnya antara 50 sampai 150 meter. Keindahan danau kelimutu sering kali di nikmati para wisatawan di pagi hari, alasan mengunjungi danau kelimutu dipagi hari adalah karena warna-warna danau yang cerah dan dapat terlihat dengan jelas, selain itu pula dipagi hari wisatawan dapat menikmati matahari terbit atau sunrise yang indah yang menambah paket perjalanan berwisata yang sangat berkesan.

Akses ke lokasi danau kalimutu bisa dimulai dari kota kupang yang merupakan ibuka dari provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) , dan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat menuju kota Ende di pulau Flores, dibutuhkan kurang lebih 40 menit hingga sampai di kota Ende, dari kota Ende perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan bus menuju sebah desa yang berjarak 93KM dari kota Ende, dan memaka waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Dari desa tersebut, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 2.5 KM menuju lokasi tempat wisata danau kelimutu.

Dilihat dari perjalanannya mungkin bagi sebagian orang merasa cukup sulit untuk menuju lokasi wisata, namun lokasi danau kelimutu adalah lokasi wisata yang terkenal, sehingga ada banyak tempat peristirahatan dan akomodasi yang selalu tersedia menuju lokasi wisata.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Wisata Danau Kelimutu

Wisata Danau Kelimutu
Wisata Danau Kelimutu | Ismail | 4.5 | Tags :wisata di ntt, wisata danau kelimutu, tempat wisata di indonesia,

Leave a Reply