Wisata Batik Solo di Museum Batik Kuno Danar Hadi

Wisata Batik Solo di Museum Batik Kuno Danar Hadi
Advertisement

Wisata Solo - Wisata seni merupakan salah satu pilihan wisata untuk menghabiskan masa liburan atau cuti bersama-sama dengan keluarga besar maupun teman-teman dekat, terutama wisata seni di Solo. Solo merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang masih memelihara dan sangat terasa kebudayaan tradisional khas Jawa. Selain itu, kota ini juga menawarkan berbagai jenis lokasi atau obyek wisata yang bisa dinikmati. Mulai dari wisata alam hingga wisata seni dan budaya bisa ditemukan di Solo. Tentunya wisata seni dan budaya di Solo yang paling terkenal adalah batik, mengingat batik merupakan warisan Indonesia dan telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO sebagai budaya asli Indonesia. Salah satu lokasi wisata seni batik yang ada di Solo adalah Museum Batik Kuno Danar Hadi.

Museum Batik Kuno Danar Hadi merupakan sebuah batik terbaik dan memiliki koleksi terlengkap di seluruh dunia. Museum ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi 261 Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Museum ini didirikan oleh Haji Santosa Doellah yang sebelumnya telah memiliki sebuah usaha batik bernama Batik Danarhadi yang sudah mengumpulkan batik dari seluruh penjuru Indonesia.

Museum Batik Kuno Danar Hadi memamerkan 600 lembar kain batik yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh pemilik museum ini yang diletakkan di bagian depan museum. Seperti namanya, museum ini menawarkan wisata seni batik yang berhasil dikumpulkan oleh pemiliknya dari seluruh penjuru Indonesia. Selain itu, museum ini juga memamerkan koleksi special kuni dengan motif unik yang dibuat dari cerita rakyat atau legenda. Salah satunya adalah batik Snow White yang menceritakan kisah tentang Snow White. Batik ini didesain oleh seorang wanita berdarah Indo-Belanda pada pertengahan abad ke-19.

Selain digunakan sebagai museum, Museum Batik Kuno Danar Hadi juga memiliki sebuah pabrik pembuatan batik yang terletak di bagian belakang museum. Museum ini juga menyediakan paket workshop pembuatan batik tulis satu warna selama lima hari. Tentunya museum ini juga menyediakan tempat bagi Anda yang ingin mendapatkan produk-produk batik yang dihasilkan disini.

Museum Batik Kuno Danar Hadi dibuka setiap hari mulai pukul Sembilan pagi hingga setengah lima sore waktu setempat dengan tarif tiket seharga Rp. 25.000,- untuk pengunjung domestik, Rp. 25.000,- untuk pengunjung asing, dan Rp. 15.000,- untuk pelajar. Bagaimana? Tidak ada salahnya membawa keluarga Anda ke museum ini untuk menghabiskan masa liburan untuk mempelajari dan menikmati seni batik asli Indonesia.

1 Photos of the Wisata Batik Solo di Museum Batik Kuno Danar Hadi

Wisata Batik Solo di Museum Batik Kuno Danar Hadi
Wisata Batik Solo di Museum Batik Kuno Danar Hadi | Ismail | 4.5 | Tags :batik danar hadi 2013, batik danar hadi collection, museum batik danar hadi solo, model batik danar hadi, Wisata Solo

Leave a Reply