Wisata Alam Kaliurang Yang Mempesona

Wisata Alam Kaliurang
Advertisement

Wisata Alam Kaliurang - Kapanpun anda berkunjung ke Jogja, salah satu tempat wisata Yogyakarta yang harus dinikmati adalah kaliurang. Lokasi kali urang tepatnya ada di lereng Gunung Merapi yaitu di lereng selatan. Kali urang sendiri merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 900 mdpl. Sejuk, hijau dan mempesona. Itulah kata-kata yang patut disematkan pada tempat wisata terkenal di jogja ini.

Untuk mencapai kaliurang, anda bisa memulai perjalanan dari terminal Jombor sleman. Dari terminal itu, perjalanan bisa menggunakan bus umum atau taxi yang tentu saja biayanya relatif mahal. Apa sebenarnya yang membuat kaliurang banyak dikunjungi wisatawan? Yang paling menarik dari kaliurang adalah pesona alamnya. Dekat dengan gunung merapi membuat kaliurang sebagai tepat yang paling strategis untuk melihat puncak merapi yang konon merupakan salah satu most active volcano di dunia. Diperlukan sekitar kurang lebih setengah jam untuk mendaki puncak kaliurang. Semua tergantung stamina. Semain bagus, maka akan semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak kaliurang.

Sebelum mendaki kaliurang, anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Setelah melewati pos jaga, pengunjung bisa melihat sebuah mata air. Ada sebuah mitos bahwa membasuh muka dengan air pada mata air tersebut bisa membuat wajah semakin muda. Nah, untuk menikmati apa yang sebenarnya kali urang tawarkan, tentu saja pengunjung wajib melakukan pendakian melalui jalur yang sudah tersedia. Rasa capek bisa dipastikan hilang karena alam sekitar dengan deretan pohon pinus dan kabut merayap membuat suasana menjadi segar. Disarankan untuk menggunakan sweater saat ada di kali urang karena suhu yang memang sangat dingin.

Wisata Alam Kaliurang

Setalah mencapai puncak, pengunjung akan dibuat terkesima oleh hamparan pemandangan dengan puncak gunung merapi sebagai point of interest. Ya, saat seseorang ada di puncak kali urang, puncak merapi seakan akan sangat dekat. Lempengan-lempengan lahar batu bekas letusan gunung bisa jelas dilihat. Belum lagi asap dari magma merapi yang masih aktif juga bisa disaksikan dari kaliurang. Sungguh fenomena alam yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Haus saat perjalanan mendaki bukit kali urang? Tidak usah khawatir, beberapa pedagang asongan bisa ditemui di puncak. Tentu saja kehadiran mereka tidak mengganggu kediindahan karena semua sudah ditata sedemikian rupa.

Setelah melakukan pendakian, tentu saja rasa penat dan lelah akan dialami. Nah, inilah saat yang tepat untuk bersantai di salah satu losmen yang banyak ada di kali urang. Tarif kamar per malam juga sangat terjangkau. Bahkan ada yang masih menerima tarif 100.000 saja per malam. Murah bukan!! Yang perlu anda tahu tentang kali urang adalah tempat ini dijadikan destinasi liburan khusunya di hari libur. Sehingga perlu melakukan pemesanan di awal karena mungkin saja kamar yang ada sudah penuh semua.

Wisata alam kaliurang adalah salah satu tempat wisata di indonesia yang tidak saja menawarkan pesona alam yang sangat indah, tapi juga minuman khas yang sering disebut dengan wedang gedang, yang kalau dalam bahasa Indonesia berarti minuman pisang. Ya, minuman ini memang sangat simpel karena hanya dibaut dari pisang yang diiris sedemikian rupa dan diseduh dengan air panas yan sudah dicampur gula. Dalam suasana yang sangat dingin, meneguk wedang gedang hangat sambil menikmati panorama kaliurang yang indah tentu saja akan membuat liburan anda sangat mengesankan.

Itulah semua tentang apa yang kali urang tawarkan untuk liburan anda. Wisata terdekat dari kali urang adalah wisata volkano bebeng tempat dimana anda bisa menyaksikan dampak letusan merapi yang baru saja beberapa tahun terjadi.

Indonesia Explorer:

4 Photos of the Wisata Alam Kaliurang Yang Mempesona

Gerbang masuk Kaliurangtaman wisata kaliurangair terjun kaliurangWisata Alam Kaliurang
Wisata Alam Kaliurang Yang Mempesona | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata di indoensia, wisata kaliurang, wisata alam kaliurang,

Leave a Reply