Wisata Alam Goa Maharani Lamongan

goa maharani
Advertisement

Salah satu Objek Wisata yaitu Goa Maharani berada di Kabupaten Lamongan provinsi Jawa Timur. Sebenarnya kondisi di daerah tersebut memang dikenal gersang juga tandus. Sehingga sangat jarang kita jumpai persawahan hijau disana namun yang ada hanyalah sebuah hamparan tambak ikan masyarakat setempat. Meski demikian kabupaten pesisir pulau jawa ini mempunyai salah satu objek wisata yang sunguh indah yaitu Goa Maharani .

Goa yang juga akrab disebut Istana Maharani ini tepatnya di Kecamatan Paciran, berada di Kabupaten Lamongan. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari wisata yang juga terkenal lainnya yaitu WBL dan Tanjung Kodok. Goa Maharani pertama kali ditemukan pada tahun 1992 tepatnya 6 orang penggali tanah. Kemudian goa ini telah diresmikan sebagai tempat wisata sejak 10 maret 1994. Goa ini mempunyai kedalaman 25 meter dari permukaan tanah serta dengan mulut goa 2500 meter persegi. Goa ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal sebagai tempat liburan bareng keluarga, karena letaknya yang strategis berdekatan degan wisata bahari lamongan.

Masyarakat Indonesia harus bangga dan bersyukur dengan banyak kelebihan dan keindahan alam Indonesia, karena banyak wisata alam di Indonesia terkenal hingga manca negara, termasuk keindahan wisata goa maharani. Keindahannya juga di akui hingga internasional. Karena dalam goa ini terdapat? stalaktit dan stalagmit yang bisa tumbuh hingga 1 cm per 10 tahun. Stalaktit dan stalagmit tersebut akan sangat indah serta akan memancarkan cahaya bila terkena cahaya. Selain dapat memancarkan cahaya yang sangat indah.

Stalaktit dan stalakmitnya pun berbentuk unik layaknya suatu singgasana. Juga berbentuk hewan maupun tumbuhan yang dapat bersinar sangat indah. Hal lainnya yang juga menarik perhatian yaitu terdapat slataktit stalakmit yang berbentuk kelamin pria (Lingga pratala) juga kelamin wanita (Yoni Pratiwi). Bentuk yang juga unik yang lainnya adalah seperti dinosaurus, bunga mawar, pohon beringin serta bentuk unik lainnya.

Selain panorama indah yang ditawarkan tempat wisata ini juga terkenal akan mitosnya yaitu mitos roro ayu mantili, seorang putri dari Madangkara yang kadang menampakkan diri di dalam goa. Air yang berasal dari sumur di tengah goa tersebut dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit . Goa Maharani setiap hari buka pada pukul 08.30 pagi hingga jam 17.00 sore. Untuk informasi mengenai tiket masuknya sekitar Rp. 20.000 untuk hari biasa dan Rp. 25.000 untuk hari libur. Dengan terjangkaunya harga tiket masuk yang di tawarkan membuat wisata goa maharani ramai dikunjungi tiap harinya serta pengunjung dapat menikmati Maharani Zoo yang juga berada dalam satu kawasan goa.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Wisata Alam Goa Maharani Lamongan

goa maharani
Wisata Alam Goa Maharani Lamongan | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata di indonesia, wisata alam goa maharani, goa maharani,

Leave a Reply