Wisata Alam dan Budaya di Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Wisata Kampung Budaya Sindangbarang Bogor
Advertisement

Ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan masa liburan bersama keluarga maupun teman-teman di Bogor. Bogor merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terletak di daerah Jawa Barat. Bogor memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Karena itulah, Bogor sangat terkenal akan berbagai lokasi wisata alam yang banyak ditemukan di kota berjulukan Kota Hujan ini. Tentunya dengan mengunjungi lokasi wisata alam bersama keluarga maupun teman dekat Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk, serta ketenangan yang biasanya ditemukan di Kota Hujan ini. Salah satu dari lokasi wisata alam dan juga budaya di Bogor adalah Kampung Budaya Sindangbarang.

Kampung Budaya Sindangbarang merupakan sebuah kampung budaya yang dipercayai sebagai kampung tertua di wilayah kota Bogor dan bahkan di kabupaten Bogor sendiri. Kampung ini terletak di Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Kampung alam dan budaya ini berjarak sekitar 5 kilometer dari kota Bogor. Kampung ini merupakan kampung yang ditujukan untuk merevitalisasi dan melestarikan kebudayaan tradisional khas Sunda agar tetap terjaga dan tetap hidup.

Para pengunjung akan menemukan delapan jenis kesenian tradisional khas Sunda yang tetap terjaga dan dilestarikan oleh para penghuni Kampung Budaya Sindangbarang. Pengunjung juga akan bisa menemukan berbagai situr purbakala peninggalana zaman kerajaan masa lalu. Salah satu dari situs-situs tersebut adalah bukit-bukit berundak peninggalan kerajaan Pajajaran. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan dan turut serta dalam upacara adat Seren dimana para masyarakat penghuni desa mengadakan upacara sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan atas hasil panen tahun itu dan hasil panen tahun depan yang hanya diadakan satu tahun sekali saja.

Berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang, para pengunjung bisa menikmati kehidupan dengan tinggal bersama para penduduk asli kampung ini dan menikmati suasana khas perkampungan Sunda yang tidak bisa ditemukan dimana pun lagi. Dengan adanya wisatawan yang datang ke kampung ini, maka berbagai situs dan kebudayaan yang berada di kampung ini agar tetap hidup di kalangan masyarakat Sunda sendiri.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Wisata Alam dan Budaya di Kampung Budaya Sindangbarang Bogor

Kampung Budaya Sindangbarang BogorWisata Kampung Budaya Sindangbarang Bogor
Wisata Alam dan Budaya di Kampung Budaya Sindangbarang Bogor | Ismail | 4.5 | Tags :Sindangbarang, Kampung Budaya, wisata di bogor,

Leave a Reply