Wisata Alam Air Terjun Madakaripura Probolinggo

air terjun madakaripura probolinggo
Advertisement

Air Terjun Madakaripura masih terdapat di wilayah wisata Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru di bagian Kota Probolinggo. Tepatnya berada di desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tempat wisata ini berada di ketinggian 620 dpl (dibawah permukaan laut) yang terletak sekitar 20 km ke arah selatan dari jalur pantai utara, ruas Kecamatan togas, atau tepatnya dari kantor Polsek togas. Keindahan air terjun ini tak kalah dengan keindahan yang diberikan oleh gunung Bromo dan juga kemegahan puncak paling tinggi di pulau jawa, yaitu Gunung Semeru yang tentu saja sudah tidak asing lagi bagi Anda. Bahkan tidak hanya keindahan pada puncak gunung, namun keindahan alam juga dapat anda saksikan di kaki gunung tersebut.

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Gunung Bromo, jangan lupa untuk singgah di Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini menawarkan sejuta pesona keindahan alam yang begitu indah. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari lokasi wisata Gunung Bromo, yang berada di desa Sapih, kecamatan lumbang, kabupaten Probolinggo, yang jaraknya hanya sekitar 3 jam saja dari Surabaya dengan berkendara. Tempat ini merupakan area meditasi terakhir dari patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit yang populer dengan sumpah palapa-nya. Air terjun ini desebut juga dengan air terjun abadi oleh masyarakat sekitar, dikarenakan air terjun yang menjulang tinggi ini sejak dahulu selalu mencurahkan tirai air yang halus seperti hujan.

Lokasi Wisata Air Terjun Madakaripura

Air Terjun ini tersembunyi di lembah yang dalam di kaki bukit pegunungan Tengger. Untuk sampai dilokasi ini, dibutuhkan sekitar waktu 20 menit untuk menaklukkan sungai dan jalur berbatu yang ada di sekitar lokasi tersebut. Walaupun ternilang cukup jauh, namun panorama yang yang ada di kiri dan kanan sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura menjadi hiburan tersendiri yang dapat menghilangkan rasa capek dan letih selama perjalanan. Terdapat patung besar patih Gajah Mada dalam posisi meditasi seolah-olah menyapa setiap pengunjung sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke pusat air terjun ini.

Perjalanan akan terhenti apabila telah sampai di suatu lembah yang berupa layaknya tabung dimana terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 200 meter yang terlihat gagah menjulang ke atas. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di pulau Jawa, dan tertinggi ke dua yang ada di Indonesia. Di sekitar air terjun ini di kelilingi oleh tebing yang tinggi berwarna kehijau-hijauan  yang semakin menambah pesona keindahan dari air terjun ini. pesona cahaya matahari yang menyinari lumut hijau basah uang menempel pada tebing, seakan memberikan pesona tersendiri yang sulit di temukan di lokasi lain. Sebagai area yang penting, sakral, historis serta situasi dan kondisi alam yang memukau, menjadikan Air Terjun Madakripura salah satu objek wisata alam utama yang ada di Probolinggo selain wisata Gunung Bromo.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Wisata Alam Air Terjun Madakaripura Probolinggo

air terjun madakaripura probolinggoAir Terjun Madakaripura
Wisata Alam Air Terjun Madakaripura Probolinggo | Ismail | 4.5 | Tags :air terjun madakaripura, wisata bromo,

Leave a Reply