Wisata Alam Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo
Advertisement

Air Terjun Coban Rondo ini merupakan salah satu wisata alam di Malang yang terletak di Desa Pandesari, tepatnya di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Berjarak kira-kira 12 km dari Kota Batu atau kurang lebih 24 km dari Kota Malang dengan jarak tempuh mencapai sekitar satu jam perjalanan. Akses jalan menuju air terjun ini sangat mudah karena jalan yang dilalui sudah  beraspal baik. Jika dari jalan raya arah Batu –Pujon Malang, setelah melalui beberapa tanjakan yang landai dan berkelok-kelok yang terkadan tajam. Maka akan sampai pada puncak perbukitan. Telah terpampang sebuah papan nama dengan ukuran besar yang akan memberikan petunjuj untuk belok ke arah kiri dari jalan raya guna mempercepat menemukan objek wanawisata Coban Rondo.

Disana terdapat patung sapi dan kemudian perjalanan bisa dilanjutkan sekitar empat kilometer untuk akhirnya sampai di air terjun tersebut. Kemudian jalanan terus menurun dengan suasana hutan yang semakin terasa. Disana juga terdapat berjejer gubuk-gubuk pedagang dan berbagai jenis kendaraan. Selanjutnya dengan melintasi tanjakan dan tak kurang dari dua menit sampailah ke lokasi air terjun.

Sebenarnya sebelum menjadi Coban Rondo diatasnya ada air terjun kembar yang disebut Coban Manten. Kemudian mengalir ke arah bawah, dan air terjun itu menyatu menjadi Coban Dudo, dan uniknya Coban Dudo tersebut mengalir ke bawah menjadi Coban Rondo. Dan sumber air dari ketiga air terjun ini berada di wilayah kepundan, serta tak ada satu pohon pun yang berada di atas Coban Manten ini. Karena jalannya licin dan juga cukup jauh antara 3-4 km jadi harus berhati-hati dan perlu ekstra tenaga untuk melaluinya.

Legenda Asal Mula Air Terjun Cuban Rondo

Mengetahui asal mula Coban Rondo, Menurut legenda Air Terjun ini menyimpan cerita unik yang bermula dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Sang wanita yang bernama Dewi Anjarwati yang menikah dengan pria bernama Raden Baron Kusumo, dan tak lama sang Dewi mengajak Raden berkunjung ke Gunung Anjosmoro. Padahal sebenarnya mereka tidak diizinkan tapi tetap besikeras dengan segala resiko yang terjadi perjalanan.

Dan akhirnya di tengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, lelaki jahat yang terpikat pada kecantikan sang Dewi dan ingin merebut sang Dewi dari Raden, dan perkelahian pun tak dapat dihindarkan tapi saat itu perkelahian berlangsung, Raden menyuruh anak buahnya untuk membawa Dewi yang akhirnya disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di Coban atau air terjun. Perkelahian yang terus terjadi itu akhirnya menewaskan keduanya, yang berakibat sang Dewi saat itu juga menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawanya disebut Rondo. Dan sejak saat itulah asal mula terjadinya Coban Rondo. Konon di bawah air terjun Cuban Rondo tersebut terdapat gua tempat tinggal persembunyian sang Dewi dan batu besar yang ada di bawah air terjun merupakan tempat duduk sang Dewi yang merenungi nasibnya yang sudah menjadi janda.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Wisata Alam Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo
Wisata Alam Air Terjun Coban Rondo Malang | Ismail | 4.5 | Tags :wisata malang, Air Terjun, Coban Rondo,

Leave a Reply