Taman Sari Yogyakarta Objek Wisata Arsitektural Warisan Budaya

Kompleks Pasarean Dalem Ledok Sari
Advertisement

Taman Sari Yogyakarta – Jika Anda hanya menerka-nerka tempat wisata Yogyakarta mana yang paling bagus untuk dikunjungi, Anda hanya akan membuang waktu sia-sia. Sebab, tidak ada yang tidak bagus, dan akan sangat sulit menentukan mana yang lebih baik dari yang lain sehingga lebih pantas dikunjungi, itu letak persoalannya.

Sebagai salah satu pusat perkembangan budaya baik modern maupun tradisional Yogyakarta memiliki begitu banyak stok objek-objek wisata yang top. Tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik, komoditi wisata Yogyakarta pun melanglang buana hingga ke luar negeri. Buktinya Tiap tahun, tidak terhitung jumlah wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta dan tempat-tempatnya yang alami, nyeni, dan memuaskan.

Taman Sari Yogyakarta Contoh Wisata Objek Arsitektur

Di sisi wisata objek arsitektur, tidak sedikit konstruksi-konstruksi klasik dari masa lalu yang menjadi kebanggaan masyarakat Yogyakarta secara khusus, dan warga negara Indonesia secara umum. Bangunan apapun, mulai dari candi, benteng, istana, hingga bangunan modern bisa ditemukan di Yogyakarta. Anda hanya perlu menentukan mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu, tetapi, lagi-lagi, bukan berdasarkan pada pemikiran bahwa objek yang satu lebih baik dari yang satunya lagi.

Dan, tidak sedikit pula bangunan-bangunan wisata di Yogyakarta yang bisa dijadikan contoh tentang bagaimana keindahan, sejarah, dan kualitas arsitektural yang mumpuni bisa bersatu dan bergabung memberikan orang-orang yang melihatnya suatu kesan yang impresif.

Lihat Taman Sari sebagai contoh. Sekarang, memang istana ini tidak sama seperti dahulu, sebuah kastil kecil yang memiliki kolam-kolam kecil tempat selir raja mandi. Jika Anda hidup pada zaman dulu, Anda tentu terkesima melihat bagaimana indah istana ini ketika terisi air. Inilah yang menganugerahi Taman Sari gelar yang disandangnya hingga kini Istana Air atau dalam Bahasa Inggris, dikenal sebagai Taman Sari Water Castle. Jika Anda akhirnya memutuskan untuk mengunjungi Taman Sari Yogyakarta, Anda bisa mendapatkan keuntungan dobel, mengingat lokasi istana ini yang amat berdekatan dengan Keraton Yogyakarta. Jadi, setelah puas memandangi Taman Sari, Anda bisa tinggal berjalan kaki sebentar untuk mencapai Keraton.

Emapat Area Utama Taman Sari Yogyakarta

 

Nama Taman Sari dalam bahasa Indonesia berarti taman yang dihiasi berbagai macam bunga. Taman Sari sendiri dibagi menjadi empat area utama.

Yang pertama adalah area Danau Segaran. Area ini ditandai dengan keberadaan danau buatan manusia berukuran besar yang dinamakan segaran, yang berarti laut buatan. Tadinya, terdapat beberapa pulau buatan di tengah-tengah danau tersebut yang menjadi alas bagi beberapa bangunan indah yang berfungsi untuk mendekorasi danau. Pada masa sekarang, seiring dengan kenyataan bahwa Taman Sari tidak lagi digunakan sesuai funginya dulu, danau Segaran telah menjadi pemukiman warga lokal, sehingga bentuk danau Segaran tidak lagi bisa dengan mudah dikenali.

Yang kedua adalah kompleks pemandian Umbul Binangun. Inilah bagian yang paling terjaga keadaannya dan oleh karena itu paling sering dikunjungi oleh wisatawan.

Yang ketiga adalah Kompleks Pasarean Dalem Ledok Sari dan kompleks kolam Garjitawati. Area ini tidak meninggalkan sisa konstruksi pada masa ini.

Yang keempat tidak dapat dikenali lagi sebab tidak ada sisa peninggalan lokasi terkait yang tertinggal, kecuali sebentuk sisa dermaga serta sebuah jembatan tua.

Nah, dari penjelasan ini saja, Anda sudah pasti bisa melihat bagaimana Taman Sari Yogyakarta menggabungkan berbagai aspek yang ada dan menawarkannya pada Anda sebagai sebuah bentuk wisata yang tak terlupakan. Anda bisa menikmati pemandangannya yang indah, menilai konstruksi arsitektur dan tata ruangnya yang apik, serta mempelajari nilai sejarah dan budaya yang ditawarkannya secara sekaligus.

Indonesia Explorer:

3 Photos of the Taman Sari Yogyakarta Objek Wisata Arsitektural Warisan Budaya

Kompleks Pasarean Dalem Ledok Saritaman sari yogyakartataman sari yogyakarta
Taman Sari Yogyakarta Objek Wisata Arsitektural Warisan Budaya | Ismail | 4.5 | Tags :Taman Sari Yogyakarta, tempat wisata yogyakarta,

Leave a Reply