Taman Nasional Bantimurung, The Kingdom of Butterflys

Goa Batu
Advertisement

Taman Nasional Bantimurung merupakan taman nasional dengan jajaran Bukit Kapur Maros Pangkep yang merupkan area Karst tebesar ke dua di dunia setelah China bagian Tenggara. Bantimurung terletak di daerah Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, sekitar 45 kilometer di sebelah utara Makassar.

Taman Nasional Bantimurung juga terkenal dengan air terjunnya, gua, dan kupu-kupu. Pada tahun 1856-1857 Alfred Russel Wallace menghabiskan sebagian hidupnya di wisata alam bantimurung untuk memeriksa berbagai jenis kupu – kupu. Dari hasil penelitiannya ini Wallace menjuluki Bantimurung sebagai “The Kingdom of Butterfly” ( Kerjaan Kupu – Kupu ). Hingga saat ini pengunjung masih dapat melihat beberapa spesies Kupu – Kupu yang bertebengan di sekitar area wisata alam bantimurung.

Keindahan Taman Nasional Bantimurung

Selain keindahan kupu kupunya, taman wisata alam bantimurung memiliki air terjun dengan ketinggian 15 meter dan lebar 20 meter, airnya jernih dan sejuk sehingga menjadi Bantimurung menjadi salah satu Obyek Wisata Sulawesi Selatan yang terkenal dan dikunjungi banyak wisatawan. Di bawah air terjun terdapat pemandian yang terbuat dari landasan batuan kapur yang tertutup air mineral dengan kedalaman dari mata kaki hingga pinggang orang dewasa.

Di sekitar air terjun terdapat 2 Gua yang menjadi salah satu tujuan wisata Bantimurung, yaitu Gua Mimpi dan Gua Batu. Sepanjang penulurusan dalam gua, kamu akan di layani dengan keindahan stalagmit dan stalagtit yang indah, batuan yang terbentuk dari tetesan air dan menggantung di atas langit langit, terlihat indah seperti kumpulan Kristal.

4 Photos of the Taman Nasional Bantimurung, The Kingdom of Butterflys

Taman Nasional BantimurungGoa BatuAir terjun BantimurungKupu kupu Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung, The Kingdom of Butterflys | Ismail | 4.5 | Tags :taman nasional bantimurung, wisata alam bantimurung, the kingdom of butterfly,

Leave a Reply