Takabonerate Island Expedition 6, Festival Budaya Bahari Kepulauan Selayar

Taka Bonerate, South Sulawesi - Indonesia.©Ramadian Bachtiar
Advertisement

Takabonerate Island Expedition 6 akan diselenggarakan kembali oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Selayar pada tanggal 31 Agustus s/d 8 September 2014. Berbagai pertunjukan budaya serta segala turnamen keunggulan bahari di suguhkan di acara festival ini.

Event ini akan dimulai dengan penyambutan para peserta Takabonerate Island Expedition 6 di Pulau Tinabo. Dalam acara penyamutan ini para pserta akan disughi berbagai atraksi seni budaya kepulauan selayar, diantaranya transplatasi karang, memberi makan anak hiu dan pelepasan tukik.

Di hari-hari berikutnya, jangan lewatkan pameran potensi bahari, panggung hiburan, wisata kuliner daerah, dan program peghijauan bertajuk “Sebuah Nama untuk Sejuta Pohon“. Anda yang hobi memancing pun dapat mengikuti International Fishing Tournament.

Di penghujung acara, warga setempat akan terlibat langsung dalam upacara penutupan. Mereka diagendakan membawa tari tradisional “Tari Massal To Bajoe, Lautku Hidupku“, diikuti atraksi lain seperti ski air, selancar angin, wakeboard, jetski dan lomba kuliner.

Berikut daftar acara festival Takabonerate Island Expedition VI 2014

  • Underwater Exhibition (3 Sept)
  • International Fishing Tournament (7 s/d 8 Sept)
  • Tour Wisata Takabonerate “Jelajah Pulau Suku Bajo” (4 Sept)
  • Wisata Pantai Tinabo : Transplantasi karang, pelepasan tukik dan atraksi memberi makan anak hiu (5 Sept)
  • Panggung Hiburan (1 s/d 5 Sept)
  • Gala Dinner/Wisata Kuliner Daerah (2 Sept)
  • Pameran Potensi Bahari (1 s/d 5 Sept)
  • Penanaman/Penghijauan “Sebuah nama untuk sejuta pohon” (5 Sept)
  • Ceremony TIE VI “Tari Massal To Bajoe, Lautku Hidupku”, Atraksi Bahari: Ski air, selancar angin, wakeboard, jet ski, Lomba wisata kuliner (8 Sept)

Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan daerah kabupaten berbentuk kepulauan di Sulawesi Selatan dan satu satunya daerah yang terpisah dari wilayah daratan provinsi tersebut. Gugusan pulau dari kabupaten ini terdiri dari 123 pulau yang memiliki daya tarik tersendiri berupa Taman Nasional Taka Bonerate yang merupakan kawasan terumbu karang terluas di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Taman nasional ini juga termasuk bagian dari Segitiga Terumbu Karang Dunia yang menarik perhatian dunia internasional.

Di sepanajang pantai Kepulauan Selayar kita dapat menyaksikan keindahan matahari terbit maupun terbenam, selain itu keiatan yang paling menarik dan tidak terlewatkan adalah menulusuri keindah bawah laut Taman Nasional Takabonerate . Di sini segala aktifitas laut dapat anda nikmati seperti memancing, berenang, snorkling, berperahu, maupun menyelam. Waktu terbaik untuk mengeksplorasi adalah pada April hingga Juni dan Oktober sampai dengan Desember setiap tahunnya.

Pecinta budaya juga dapat melihat lebih dekat bagaimana keseharian Suku Bugis dan Suku Bajau di Kepulauan Selayar. Temukan budaya menarik mereka di Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu. Sementara itu, Pulau Tinabo sendiri merupakan jantung Taman Nasional Taka Bonerate. Pulau Tinabo jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan kota dan berada di sana akan membuat Anda merasa di sebuah pulau pribadi yang cantik.

Untuk sampai ke Selayar dan Taka Bonerate, Anda harus melalui Makassar terlebih dahulu. Perjalanan dari Makassar dilanjutkan ke Benteng, kota utama di Kabupaten Kepulauan Selayar. Anda dapat mencapainya menggunakan bus umum maupun travel.

Informasi mengenai Takabonerate Island Expedition VI dapat dilihat di sini.

Indonesia Explorer:

7 Photos of the Takabonerate Island Expedition 6, Festival Budaya Bahari Kepulauan Selayar

lokasi acara takabonerate island expedition 2014menyelam-di-taman-nasional-takabonerateberperahu di takabonerateTaka Bonerate, South Sulawesi - Indonesia.©Ramadian Bachtiarmemancing di taman nasional takaboneratekindahan taman nasional takaboneratetakabonerate island expedition 2014
Takabonerate Island Expedition 6, Festival Budaya Bahari Kepulauan Selayar | Ismail | 4.5 | Tags :Takabonerate Island Expedition 6, festival budaya selayar,

Leave a Reply