Sejarah Wisata Pantai Sanur

Sejarah Wisata Pantai Sanur
Advertisement

Pantai Sanur merupakan salah satu pantai yang terdapat di Pulau Bali yang menarik dan wajib dikunjungi. Terkenal dari panorama alamnya yang indah sejak jaman dahulu. Di dalam sebuah sejarah Bali kuno, Pantai Sanur sudah dikenal dengan keindahannya, hal ini sudah tercantum dalam sebuah Prasasti Raja Kasari Warmadewa. Dan sekarang Prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong tepatnya di bagian selatan Pantai Sanur. Dan pada masa Kolonial Belanda, Pantai Sanur ini dikenal sebagai lokasi pendaratan untuk para bala tentara Belanda ketika akan menyerang Kerajaan Badung. Perang yang terjadi pada tahun 1906 yang dikenal dengan Puputan Badung yaitu semangat perang sampai mati.

Pantai Sanur pertama kali dikenal di dunia internasional oleh seorang pelukis yang berasal dari Belgia bernama A. J. Le Mayeur yang datang ke Bali pada tahun 1932. Dia melihat daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Sanur yang begitu indah dan menawan. Maka Le Mayeur memutuskan untuk tinggal dan menetap disana, dengan mendirikan sanggar lukis dan akhirnya dia menikah dengan salah satu gadis Bali seorang penari legong terkenal yang bernama Ni Nyoman Pollok yang juga merupakan salah satu model lukisannya. Dan melalui lukisan Le Mayeur akhirnya Pantai Sanur mulai dikenal di dunia. Dan sanggar lukis yang dibangun sebelumnya kini dijadikan Museum Le Mayeur yang masih berlokasi di dalam area wisata Pantai Sanur dan dapat dikunjungi oleh publik.

Sunrise di Pantai Sanur

Di Pantai Sanur ini Anda dapat menyaksikan keindahan panorama matahari terbit atau yang biasa disebut sunrise. Bentuknya yang melengkung dengan luasnya hamparan pasir putih yang membentang gugusan pantai yang indah dan elok. Apalagi saat pagi tiba, sembari menikmati menikmati detik-detik terbitnya matahari yang memancarkan pesonanya. Anda juga disuguhkan dengan gugusan pulau Nusa Penida yang letaknya tepat di sebelah tenggara Pulau Bali. Tapi tidak kalah menarik dengan pemandangan yang tampak pada sore hari, surutnya air laut yang semakin memperjelas pandangan mata pada gugusan Pulau Serangan dan bukit batu karang yang bentuknya menjorok ke laut tepatnya di sebelah selatan Pantai Sanur. Jika gelombang tidak begitu besar Anda bisa melihat keindahan batu karang yang membentang dan tampak warna-warni.

Pantai Sanur ini sendiri terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Provinsi Bali. Jarak Pantai Sanur sekitar kurang lebih 6 km dari pusat kota Denpasar dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau dengan sepeda motor. Tapi untuk Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi disana sudah tersedia kendaraan umum yang ramai berlalu lalang antara Sanur dan Denpasar. Sanur ini merupakan salah satu kawasan pengembangan wisata di Bali untuk yang pertama kalinya, yang ditandai dengan adanya hotel berbintang dan berbagai macam restoran, oleh karena itu bagi Anda yang akan berkunjung tidak perlu khawatir karena di kawasan Pantai Sanur terdapat banyak sekali fasilitas seperti penginapan, warung makan bahkan kios souvenir yang menjajakan barang kesenian serta oleh-oleh khas Pantai Sanur.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Sejarah Wisata Pantai Sanur

Sejarah Wisata Pantai Sanur
Sejarah Wisata Pantai Sanur | Ismail | 4.5 | Tags :sunrise pantai sanur, pantai sanur, Museum Le Mayeur,

Leave a Reply