Pulau Flores, Salah Satu 10 Tempat Wisata Terbaik Dunia 2015

rumah adat ngadhu dan bagha kampung bena flores
Advertisement

Indonesia di kenal memiliki banyak pulau pulau eksotis yang sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata dunia. Tak hanya Bali maupun Raja Ampat, Pulau Flores pun telah diakuai dan mejadi bidikan para traveler di dunia. Baru baru ini, pulau yang terletak di profinsi Nusa Tenggara Timur ini masuk dalam 10 jajaran terbaik dunia sebagai tempat tujuan wisata versi Lonely Planet.

Lonely Planet, situs pariwisata paling populer di dunia, dilansir dari official websitenya wow.kr baru saja mengeluarkan Best Destination to Explore in 2015. Pulau Flores masuk di dalamnya sebagai 10 Tempat Wisata Terbaik 2015 bersanding bersama Makau, Rocky Mountain, Atacam UN, dan lainnya. Flores di pilih karena wilayahnya yang menjadi habitat bagi komod raksasa. Selain itu Flores di kenal sebagai surganya para penyelam. Pulau Flores di hiasi gunung – gunung berapi yang menjulang tinggi dengan hutan tropisnya yang rimbun.

Ada banyak tempat – tempat di Flores yang dapat di nikmati keindahannya, Labuan Bajo misalnya. Tempat ini merupakan pelabuhan kecil yang tenang dan di lengkapi dengan pantai idah di dekatnya. Lonely Planet juga merekomendasikan Bajawa, kota kecil yang masih selalu memperthankan kebudayaan tradisionalnya .

Menurut Lonely Planet, satu minggu di Flores dapat memberikan pengalan yang benar – benar mengagumkan dan tak terlupakan. Perjalan menuju area Moni dan Gunung Kelimutu akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Minikmati matahari terbenam di atas danau tiga warna akan menjadi pengalaman yang sangat mengesankan. Atau ingin menikmati suasanayang tenang? Maka Pantai Paga solusinya.

Tak hanya itu , Flores juga memiliki banyak kafe dan restoran yang menawarkan makanan segar, enak dan khas Indonesia.

Aktifitas Wisata Pulau Flores

Apabila anda memiliki banyak waktu di Flores, jangan lewatkan untuk meng-explore pulau ini dari Labuan Bajo ke Maumere. Anda dapat menyebrangi pulau dari Labuan Bajo ke ruteng, berlanjut ke Bajawa, Ende, Detusoko, Kelimutu, kemudian berakhir di Maumere untuk kembali pulang dengan pesawat. Berikut beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan selama meng-explore Pulau Flores.

  1. Maumere

Menyajikan pantai bersih dan cocok untuk snorkeling dan diving, Sesuka hatilah menghabiskan waktu menikmati keindahan bawah lautnya. Setidaknya ada 40 titik menyelam di Maumere.

  1. Bajawa

Menghadirkan desa tradisional Bena. Ada rumah adat yang dinamakan ngadu dan bhaga sebagai pelambang roh nenek moyang pria dan wanita. Ada pula bongkahan batu besar yang di tanam di depan rumah, mirip seperti yang ada di Pulau Nias, Sumatera Utara

  1. Ruteng

Kota kecil yang sejuk di pegunungan. Disinilah anda dapat menemukan formasi unik sawah jarring laba lab adi Lembor dan Cancar. Ada pula rumah adat di Compang Ruteng, Desa Pu’u Ruteng, Manggarai, yang menyajikan batu compang yang posisinya lebih tinggi dari rumah penduduk.

  1. Kelimutu

Kelimutu di Moni adalah tujuan favorit di tanah Flores. Anda perlu berjalan sejauh 1.5Km kemudian mendaki 127 anak tangga untuk melihat keajaiban panorama berupa danau dimana airnya berubah rubah tanpa dapat di prediksi. Ada kawah yang berwarna hijau, biru dan hitam. Tahun 1914, danau di atas gunung ini nyatanya berwarna merah, biru, dan putih.

  1. Labuan Bajo

Kunjungi juga tidak jauh dari Labuan bajo yaitu batu cermin. Terdapat juga istana ular yang memiliki koleksi ular phyton dan kelelawar. Pastikan anda bersama pemandu wisata dan patuhi adat istiadat setempat karena masyarakat di sini percaya hubungan mistis antara ular dan manusia.

Anda juga dapat melihat pohon besar yang sudah membatu disini. Berwisata tidak melulu harus berupa panorama alam atau keunikan flora dan faunanya. Mengapa anda tidak coba untuk berinteraksi dengan masyarakat Flores yang ramah dan senang bercengkrama. Pastinya penting juga menyaksikan beragam atraksi budaya setempat seperti yang terkenal caci. Caci adalah tarian pertempuran dengan cambuk dan tameng.

  1. Taman Nasional Komodo

Wajibnya mengunjungi Taman Nasional Komodo di barat Pulau Flores. Tak perlu di sangsikan lagi bahwa Taman Nasional Komodo menjadi nomor satu wisata di Flores NTT.

Disinilah orang bersabar mengantre masuk ke pulau dan menyaksikan kadal raksasa Komodo. Di sini juga berdiam berbagai macam spesies burung termasuk merpati kekaisaran, bangau, burung puyuh, dan gugukan megapode yang eksotis. Pastinya akan dilihat juga kuda, babi hutan, beruk pemakan kepiting, rubah terbang, dan beragam ular Begitupun flore seperti anggrek, lontar, bamboo, sirsak, asam dan phon custard.

Akses Menuju Pulau Flores

Untuk menuju flores anda dapat menempuh perjalanan melalui Kupang atau Bali. Flores meliputi enam kabupaten Manggarai, Ngadha, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Lembata. Oleh karena itu, sangat memudahkan jika memperhatikan tujuan wisata kemudian di sesuaikan kota pertama yang terdekat untuk memudahkan transportasi dan akomodasi.

Akses ke flores dapat di tempuh melalui trasportasi udara dari denpasar ke Labuan Bajo atau Denpasar ke Maumere. Ada pula penerbangan dari Denpasar ke Ruteng, Ende, dan Kupang.  Dan ada pula penerbangan melalui Surabaya – Denpasar – Maumere.

Indonesia Explorer:

10 Photos of the Pulau Flores, Salah Satu 10 Tempat Wisata Terbaik Dunia 2015

One of Indonesia?s famous volcanic lake areas.  I did not like Moni !wisata pulau florestaman nasional komodo floressnorkeling di maumere floresrumah adat ngadhu dan bagha kampung bena floresbatu compang florestarian perang caci floresphoto tari caci floresdiving pulau alor florespesona wisata labuan bajo flores
Pulau Flores, Salah Satu 10 Tempat Wisata Terbaik Dunia 2015 | Ismail | 4.5 | Tags :taman nasional komodo, pulau flores, wisata di flores, wisata maumere, spot diving di flores

Leave a Reply