Potensi Wisata Tersembunyi Taman Nasional Kerinci Seblat

taman nasional kerinci seblat
Advertisement

Bagi para wisatawan yang sudah merasa sedikit bosan dengan wisata di tempat-tempat yang itu-itu saja, saatnya anda beralih ke tujuan baru yang masih belum banyak tereksplor namun mempunyai potensi tak kalah dengan berbagai tempat wisata yang sudah terkenal di Indonesia.

Jika selama ini anda hanya berkutat di Jawa-Bali untuk memenuhi hasrat berwisata anda, saatnya melirik Pulau Sumatra sebagai destinasi wisata baru yang harus anda masukkan di dalam kalender wisata anda. Pasalnya, berbagai macam jenis potensi wisata tersebar di seluruh wilayah pulau yang juga disebut Andalas ini. Geografinya yang lebih luas dari Pulau Jawa dan Bali membuat petualangan anda di Sumatra tidak akan berlangsung sekejap mata. Sebagai tujuan pertama, mungkin anda bisa mengunjungi Taman Nasional Kerinci Seblat atau yang sering disebut TNKS. Tak tanggung-tanggung, luas wilayah taman nasional ini masuk ke wilayah empat propinsi sekaligus, yaitu Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan.

Cagar Alam Taman Nasional Kerinci Seblat

TNKS merupakan taman nasional gabungan dari beberapa cagar alam yaitu Inderapura, Bukit Terapan, Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan – Bukit Kayu Embun dan Gedang Seblat. Dengan luas wilayah seperti itu, TNKS tidak akan selesai anda jelajahi dalam waktu yang singkat. Berbagai flora fauna yang dilindungi menjadikan TNKS sebagai habitat untuk melangsungkan kehidupannya seperti tanaman unik Kantung Semar (Nephents Ampularia), berbagai jenis Anggrek. Beberapa fauna yang dilindungi seperti Macan, Beruang, Rusa, berbagai jenis burung dan primata juga menghuni taman nasional ini. Bahkan beberapa primata merupakan endemik, yang artinya tidak ada di tempat lain selain di TNKS; seperti Simpai, Ungkou, Siamang, Monyet hidung panjang; serta berbagai jenis burung seperti Rangkong, Tohtor, Kuau serta Elang. Menyaksikan fauna langka berada di habitat aslinya merupakan sebuah pengalaman tersendiri dan mempunyai sensasi yang berbeda dibandingkan menyaksikan mereka di kebun binatang.

taman nasional kerinci seblat

Pemandangan Gunung Kerinci langsung terlihat dari TNKS

Untuk menuju TNKS, anda tak perlu khawatir karena aksesnya mudah ditempuh. Rute paling mudah menuju TNKS adalah dari Sumatra Barat, yaitu dari Painan yang masuk ke wilayah Solok Selatan. Untuk menuju tempat itu, jika anda datang dari Bandara Internasional Minangkabau, anda harus terlebih dahulu menuju Padang kemudian diteruskan ke Painan. Anda bisa menyewa agen perjalanan untuk memandu anda, dengan biaya yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 40.000 – Rp 50.000. Pastikan anda sudah mengantongi izin dari Kantor Pusat Pengurus Taman Nasional II (PTN II) yang ada di Padang sebelum anda melapor ke Kantor Lumpo Resor yang terletak di belakang stasiun.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Potensi Wisata Tersembunyi Taman Nasional Kerinci Seblat

TAMAN-NASIONL-KERINCI-SEBLATtaman nasional kerinci seblat
Potensi Wisata Tersembunyi Taman Nasional Kerinci Seblat | Ismail | 4.5 | Tags :taman nasional, taman nasional kerinci seblat,