Pesona Tak Terlupakan Pulau Moyo

Pulau Moyo
Advertisement

Pulau Moyo merupakan sebuah pulau kecil yang sepi, namun memiliki kekayaan dan keindahan alam yang tak terlupakan. Pulau ini berhasil memikat hati beberapa orang besar di masanya, seperti Lady Diana dan Mick Jagger yang rela datang jauh-jauh untuk menikmati keindahan pulau ini. Pulau ini terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Propinsi Sumbawa Barat. Pulau ini menawarkan sejuta pesona keindahan pantai, laut dan alamnya yang mampu menghipnotis pengunjung untuk berlama-lama di pulaui ini. memang pulau ini masih jarang terdengar oleh wisatawan lokal, namun tidak untuk wisatawan manca negera. Tercatat beberapa selebriti manca negar yang pernah singgah di pulau ini, seperti mendiang Lady Diana, mantan penjaga gawang Manchester United, Edwin Van Der Sar serta Mick Jagger.

Salah satu objek yang menarik bagi wisatawaan di pulau Moyo adalah adanya air terjun Mata Jitu  yang konon menjadi tempat mandi Putri Diana waktu itu. Oleh sebab itu, air terjun ini sering kali disebut dengan air terjun Lady Di. Aliran air di tempat ini begitu tenang dan berwarna hijau kebiruan, bebatuan dan daun yang jatu ke dasar sungai terlihat sangat jelas karena permukaan air yang sangat jernih. Air terjun ini disebut dengan mata air jitu karena berada tepat di dekat sebuah mata air.

6000 Hektar Taman Wisata Laut Pulau Moyo

Selain itu, Pulau Moyo juga dikenal dengan rumah bagi beragam fauna, seperti banteng, babi hutan, rusa timor, sapi liar dan lain sebagainya. Bahkan di pulau ini terdapat pula berbagai spesies burng langka yang dilindungi, sperti kakatua jambul kuning, burung gosong, koakkiau tandung, beo sumbawa, punglor dan ayam hutan. Bila di total, terdapat sekitar 86 jenis burung dan 21 jenis kelelawar yang bermukim di pulau ini.

Dengan beragamnya satwa yang terdapat di pulau ini, maka tak heran bila pemerintah setempat menempatkan sejumlah wilayah di pulau ini sebagai kawasan Taman Wisata Taman Alam laut sekitar 6.000 hektar dan taman Buru seluas 22.250 hektar. Beragam aktifitas dapat dilakukan selama berlibur di Pulau Moyo ini, seperti snorkling. Terdapat pula sponge dan crustacea di taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang begitu sangat indah. Di pulau ini pula, tempat persinggahan bagi kapal-kapal pesiar yang datang dari Lombok, Bali bahkan juga dari manca negara.

Akses Menuju Pulau Moyo

Apabila anda ingin berlinur ke Pulau ini, anda dapat menempuh perjalanam dari Mataram , Lombok dengan menyebrangi Sumbawa melalui Pelabuhan Kayangan dan menuju Pelabuhan Poto Tano. Selain itu, anda juga harus melawati jalur darat menuju Kabupaten Sumbawa, dan total perjalanan sekitar 6 jam. Kemudian dari Sumabawa perjalanan dilanjutkan  dengan menyeberang ke Pulau Moyo. Pulau Moyo memang dikenal engan pulau yang memiliki keindahan yang fantastis, bahkan tak jarang para turis dari manca negera pernah singgah ke Pulau ini.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Pesona Tak Terlupakan Pulau Moyo

Pulau Moyo
Pesona Tak Terlupakan Pulau Moyo | Ismail | 4.5 | Tags :wisata di lombok, pulau moyo sumbawa,

Leave a Reply