Pesona Keindahan Nusantara Yang Terdapat di Pantai Santolo Garut

pantai santolo garut jawa barat
Advertisement

Dari pada berlibur ke objek wisata yang itu-itu saja, coba berkunjung ke tempat lain yang masih belum terlalu diketahui keberadaannya. Negeri ini memiliki banyak sekali tempat dengan potensi wisata yang begitu besar. Salah satunya adalah pantai Santolo Garut. Pantai Santolo merupakan sebuah pantai yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tepatnya di kecamatan Cikelet, di sebelah selatan pusat kota Garut dengan jarak tempuh 3,5 jam perjalanan. Kawasan pantai Santolo merupakan tempat berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Di pantai ini terdapat dermaga yang berfungsi sebagai tempat kegiatan nelayan yang ada di Pameungpeuk.

Mengenal Pantai Santolo Garut

Mungkin beberapa dari anda ada yang masih belum terlalu familiar dengan nama pantai Santolo Garut. Tetapi untuk masyarakat Garut sendiri, pantai Santolo merupakan objek wisata pantai yang cukup terkenal dan populer di Garut. Di pantai ini anda bisa menikmati panorama pantai dan biota laut yang begitu indah dan menarik. Selain itu, tersedia pula perahu sewaan yang biasa melayani wisatawan yang ingin menikmati deburan ombak pantai selatan yang cukup menantang. Kalau perut sudah lapar sehabis melakukan aktivitas di pinggir pantai, anda bisa mengisi perut dengan makanan laut yang segar dan sajian sederhana yang dijual di warung-warung yang ada disana. Tersedia pula losmen dan kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Pantai Santolo Garut berdekatan dengan tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Keindahan pantai Santolo akan memukau anda dan membuat anda ingin lebih mengeksplor keindahan yang terdapat di dalamnya. Perjalanan yang akan ditempuh menuju ke pantai Santolo memang cukup jauh dan berkelok-kelok. Tetapi anda tidak akan merasa bosan karena selama perjalanan anda akan ditemani oleh keindahan pegunungan, desa, dan sawah yang akan memanjakan mata anda. Bukan hal yang aneh kalau ketika dalam perjalanan anda menemukan petani yang sedang menggembala sapi atau melakukan aktivitas yang lainnya.

Terdapat sebuah fenomena yang menakjubkan di pantai Santolo, yaitu Muara Cilautereun. Cilauteureun berarti air laut yang berhenti. Yang membuatnya unik adalah air muara ini mengalir dari laut ke sungai, bukan sebaliknya. Untuk menuju ke pantai Santolo Garut, ada beberapa rute yang bisa anda pilih. Sayangnya masih sedikit orang yang tahu mengenai keberadaan fenomena yang satu ini. Padahal panorama yang ada betul-betul indah dan mengagumkan. Rute pertama adalah melalui terminal Garut langsung menuju ke Santolo. Rute lainnya yaitu melalui Cianjur – Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Untuk anda wisatawan dari Bandung, anda bisa melewati Ranca Bali – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya – Santolo. Ada juga jalur alternatif untuk wisatawan dari Bandung yakni melalui Pengalengan.

Indonesia Explorer:

7 Photos of the Pesona Keindahan Nusantara Yang Terdapat di Pantai Santolo Garut

pantai santolo garut jawa baratpenginapan di pantai santolo garutwisata pantai santolo garutpeta jalan menuju pantai santolo garutfoto pantai santolo garutpantai santolo garut selatanPantai Santolo Garut
Pesona Keindahan Nusantara Yang Terdapat di Pantai Santolo Garut | Ismail | 4.5 | Tags :pantai santolo garut, wisata pantai di garut, wisata garut selatan,

Leave a Reply