Pelabuhan Paotere, Saksi Bisu Sejarah Bahari Kota Makassar

Pelabuhan Paotere Makassar
Advertisement

Pelabuhan Paotere merupakan pelabuhan rakyat yang penuh nilai makna sejarah yang ada di kota Makassar. Pelabuhan yang terletak di bagian utara kota Makassar ini memegang peranan penting sejarah bahari dari Kota Makassar Pada abad ke -14.

Selain tempat tempat obyek wista yang lain di kota Makassar, Paotere merupakan salah satu tempat yang menarik untuk di kunjungi dan sayang untuk di lewatkan. Para wisatawan akan di suguhi deretan kapal rakyat khas Makassar dan sangat terkenal dengan sebutan Kapal Phinisi, serta kapal kapal motor nelayan yang sedang menunggu untuk berlayar ke tengah lautan. Paotere menjadi tempat niaga para Nelayan dengan di bangunnya Pempat Pelelangan Ikan yang di bangun pemerintah.

Aktifitas Pelabuhan Paotere

Pelabuhan makassar ini juga menjadi tempat bongkar muat barang dari ratusan kapal kapal phinisi yang berlabuhan di Kota Makassar. Hampir 24 jam aktifitas bongkar muat terjadi di Pelabuhan Paotere yang akan menuju atau pun dari kota kota di Indonesia bagian timur lainnya, Seperti, Balikpaan, Nunukan, Samarinda, Surabaya, serta kota lainnya.

Kapal kapal phinis tersebut mengangkut barang barang seperti barang kelontong, imdomie, beras, semen, dan barang lainnya. Rata – rata kapal phinis akan berangkat 2 kali dalam sebulannya. Kapal kapal ini memiliki daya angkut hingga 500 ton.

Dalam jangka Panjang Pemerintah Kota Makassar Pelabuhan kapal rakyat phinisi ini akan dijadikan sebagai kawan pariwisata dengan berbagai rancangan pembangunannya. Pelabuhan dengan kapal Phinisi sebagai daya tariknya akan mampu menarik wistawanuntuk berkunjung ke pelabuhan ini. Untuk mereliasasikan ini, PEMKOT Makassar akan melakukan penataan dermaga yang lebih baik, dengan menambahan luasan dermaga akan membuat kapal kapal yang bersnadar di Plebuhan Paotere akan tertata lebih baik sehingga tidak semrawut. Paotere akan tetap di fungsikan menjadi pelabuhan rakyat dalam melayani kapal kapal kecil dan tradisonala lainnya.

Menu Khas Paotere

Paotere juga terkenal dengan aktivitas nelayan yang sedang membongkar muat ikan hasil tangkapannya setiap hari. Selain aktifitas bongkar muat ini ada beberapa makanan khas Paotere yang saying untuk dilewati yakni ikan bakar dengan sambal cobe cobe. Cobe cobe merupakan sambal khas Makassar.

Jenis jenis ikan yang disajikan disini antara lain ikan kerapu, ikana cepak, dan ikan baronang yang menjadi menu andalan , selain itu juga tersedia makanan seafood lainnya seperti kepiting udang, cumi cumi. Selain ikan segar ada juga ikan yang telah di awetkan yang dapat menjadi oleh oleh dari pelabuhan ini seperti ikan teri, ikan kakp merah, ikan asin. Ikan ikan olahan ini dapt kita jumpai di sepanjang warung warung Paotere.

Promosi

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar menjadikan Paotere sebagai salah satu obyek wisata yang di promosikan. Paotere telah sangat gencar dipromosikan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar melalui website, brosur, serta promosi lainnya.

Banyak orang berpendapat belum ke Makassar jika belum ke Pantai Losari. Sebenarnya masih banyak tujuan wista di Makassar selain Pantai Losari yang belum di ekspose seperti salah satunya Pelabuhan Paotere. Pelabuhan dengan deretan Kapal Phinisi yang berlabuh di pelabuhan menjadi daya tarik tersendiri dari pelabuhan ini..?

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Pelabuhan Paotere, Saksi Bisu Sejarah Bahari Kota Makassar

Pelabuhan Paotere Makassar
Pelabuhan Paotere, Saksi Bisu Sejarah Bahari Kota Makassar | Ismail | 4.5 | Tags :Pelabuhan Paotere, pelabuhan makassar, wisata di makassar,

Leave a Reply