Pantai Parangtritis: Pantai Yang Sarat Dengan Mitos Nyi Roro Kidul

Sunset Pantai Parangtritis
Advertisement

Berbicara tentang tempat wisata yogykarta yang layak dikunjungi, pantai parangtritis merupakan salah? satu yang menawarkan daya tarik. Meskipun terkenal dengan ombaknya yang tidak bersahabat, pantai ini tetap saja ramai dikunjugi wisatawan khususnya pada saat weekend. Menarik sekali membahas pantai yang letakya 27 km ke arah selatan kota jogja ini. mengapa? Ya, pantai ini siring dikaitkan dengan sebuah nama yaitu Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan. Bahkan saking lekatnya parangtritis dengan nama tersebut, banyak orang yang ?mempercayai mitos bahwa sebaiknya tidak menggunaan warna hijau saat berjalan di pantai ini karena merupakan warna kesukaan si penguasa pantai selatan. percaya atau tidak? Semua terserah anda yang menilai, namun yang pasti bahwa mitos ini sudah ada sejak dahulu kala.

Lokasi Pantai Parangtritis

Lokasinya sendiri berada di kabupaten bantul, tepatnya kecamatan kretek. Apa sebenarnya yang menjadi daya tarik parangtritis? Pantai ini berpasir hitam keabu-abuan dan memiliki ombak yang sangat ganas. Daya tarik utamanya adalah saranan wisata andong. Ya, andong merupakan kereta kuda yang bisa membawa anda menelusuri pantai ditemani semilir angin yang sepoi-sepoi. Selain itu, kini juga sudah tersedia sepeda motor yang dirancang khusus untuk berkeliling pantai.

Bagi anda yang berasal dari luar jogja, tentu saja tidak usah khawatir akan akomodasi, tempat makan dan lain-lain yang terkait dengan kenyamanan wisata. Berbagai macam hotel dari tariff yang murah sampai yang mahal ada di pantai ini. kios kios yang menawarkan baju dan aneka aksesoris khas jogja juga bisa detemui di sepanjang pinggir pantai. Lapar dan ingin makan makanan yang lezat? Tak usah khawatir karena sepanjang panti warung makan yang menyedikan seafood ada di parangtritis. Harganya relatif terjangkau tentu saja.

Satu keindahan parang tritis yang tak boleh dilewatkan adalah sunset. Ya, pada sore hari matahari tampak seperti sedang masuk ke dalam air laut dengan warna lembayung yang indah jauh di ufuk barat. Duduk dipinggir pantai sambil menikmati semilir angin, sunset paris akan menjadi sesuatu yang tak bisa dilupakan. Nah, bila sudah bosan berjalan-jalan di tepi pantai sambil menikmati keindahan laut, anda tentu saja bisa menikmati fenomena alam unik yang ada di parangtritis yaitu gumuk pasir. Tempat ini tampak seperti gurun pasir yang sangat luas, dan merupakan situs yang sudah dijadikan warisan dunia karena terbentuk melalui proses ribuan tahun. Sekilas gumuk pasir memang tidak menarik, namun bila anda mengetahui betapa tempat seperti ini tidak akan pernah ditemui di tempat lain mungkin pandangan akan sedikit berubah. Artis terkenal agnes monica pernah membuat video klip sebuah lagunya di gumuk pasir parang tritis. Bila pernah melihat video klip tersebut, seperti itulah kira kira tampak gumuk pasir.

Itulah apa saja yang bisa ditemukan dan dinikmati di parang tritis. Sejauh ini, parangtritis merupakan pantai di jogja yang paling ramai dikunjungi meskipun keindahan pantai ini masih kalah dengan beberapa pantai selatan yang ada di gunung kidul seperti Pok Tunggal dan Pantai Krakal. Tentu saja mitos Nyi Roro Kidul tak bisa dilupakan bila berbicara tentang daya tarik pantai yang ombaknya telah banyak memakan korban. Bila anda ingin datang ke pantai parangtritis, yang perlu diketahui adalah pantai ini memiliki palung yang dalam. Palung tersebut tidak jauh dari bibir pantai dan lokasinya sering berpindah pindah. Nah, saat seseorang berenang dan kemudian masuk ke palung maka sudah bisa dipastikan ia akan terseret ke dalam lautan karena arus palung yang sangat deras. Oleh karena dahsyatnya palung yang terbukti sudah memakan banyak korban, sebaiknya tidak usah berenang saat datang ke pantai parang tritis.

Indonesia Explorer:

3 Photos of the Pantai Parangtritis: Pantai Yang Sarat Dengan Mitos Nyi Roro Kidul

Sunset Pantai ParangtritisParangtritisPantai Parangtritis
Pantai Parangtritis: Pantai Yang Sarat Dengan Mitos Nyi Roro Kidul | Ismail | 4.5 | Tags :pantai parang tritis, wisata pantai parangtritis, tempat wisata di indonesia,

Leave a Reply