Pantai Lovina, Menikmati Habitat Asli Lumba Lumba di Kawasan Pantai Utara Bali

pantai lovina
Advertisement

Pantai Lovina secara resmi disebut sebagai kawasan Wisata Kalibukbuk, namun orang lebih mengenalnya sebagai Kawasan Wisata Pantai Lovina. Di kawasan pantai ini terdapat berbagai fasilitas wisata, seperti hotel, restoran, bar, pertokoan, dan fasilitas turis lainnya. Keunikan wisata ini adalah areal persawahan yang masih sangat mendominasi. Kawasan Pantai Lovina terletak di kabupaten Buleleng, yaitu sekitar 10 Km dari Kota Singaraja.

Lovina adalah tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan bertemu dengan wisatawan lainnya. Banyak turis menjadikan tempat ini sebagai pangkalan untuk menjelajahi berbagai objek wisata di pantai utara bali. Pantai ini pun memiliki kehidupan malam, namu tidak semeriah di pantai kuta.

Daya Tarik Kawasan Wisata Pantai Lovina

Kawasan Wisata Panatai Lovina memiliki daya tarik utama berupa pantai dengan air laut yang cukup tenang, berpasir hitam, dan karang laut dengan kenekaragaman ikan ikan tropisnya. Karena autnya yang tenang, pantai lovina sangat cocok untuk melakukan snorkling, menyelam, berenang, berlayar, memancing, maupun hanya sekedar berendam di air laut.

Disamping daya tarik diatas, disini terdapat Ikan Lumba Lumba dalam habitat aslinya. Ikan Lumba – lumba yang berjumlah ratusan ini dapat kita jumpai di pagi hari sekitar pukul 06.00 – 08.00 waktu setempat, kurang lebih 1 kilometer dari lepas pantai.Oleh karena itu agar dapat menikmati kumpulan Lumba lumba ini, kita harus berang pagi buta sekitar pukul 03.00 – 04.00. Gerombolan ikan lumba-lumba yang menyelam dan melompat di atas permukaan air dengan pemandangan barisan gunung disebelah selatan dan langit kemerah merahan pertanda terbitnya matahari, dapat menjadi daya tarik tersendiri yang sangat memikat dan menjadi momen yang tidak terlupan bagi traveler yang berkunjung ke pantai lovina.

Kawasan Lovina ini juga ditunjang oleh banyak daya tarik wisata di sekitarnya yang mudah di capau. Daya tarik pariwisata di sekitar Lovina antara lain, Air Panas Banjar, Wihara Budha, Air Terjun Gitgit, dan desa desa sekitarnya yang sangat cocok bagi para traveler yang sangat menyukai suasana alaam.

History Nama Lovina

Lovina diberi nama oleh Almarhum Anak Agung Panji Tisna. Konon nama Lovina diambil dari nama hotel kecil di India yang bernama “Lafeina” dimana beliau menginap dan menulis buku dengan judul Ni Ketut Widhi. Ada juga versi lain tentang nama Lovina ini, yaitu diambil dari adanya dua pohon “santen” yang ditanam oleh putra beliau yang kemudian tumbuh saling berpelukan. Jadi Lovina berasal dari bahasa latin dengan arti saling mengasihi atau saling menyayangi.

Kemudian oleh Bupati Buleleng, Drs. I Ketut Ginantra selama masa jabatannya dari tahun 1988 sampai 1993, Lovina diartikan sebagai singkatan dari “Love” dan “Ina” yaitu ” Cinta Indonesia”.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Pantai Lovina, Menikmati Habitat Asli Lumba Lumba di Kawasan Pantai Utara Bali

Lumba lumba lovinapantai lovina
Pantai Lovina, Menikmati Habitat Asli Lumba Lumba di Kawasan Pantai Utara Bali | Ismail | 4.5 | Tags :lumba lumba lovina,

Leave a Reply