Objek Wisata Sejarah dan Budaya Candi Muara Takus Pekanbaru

Candi Muara Takus
Advertisement

Candi Muara Takus merupakan objek wisata bersejarah yang terletak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru, tepatnya di desa Muara Takus, Kec XIII Koto Kampar, Kab Kampar, Pekanbaru, Sumatera Barat.  Anda dapat menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi dengan waktu perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam dari pusat kota.

Hingga saat ini Candi Muara Takus merupakan sebuah candi terbesar yang dari candi – candi budha lainnya yang ada di pulau Sumatera. Andapun akan melihat beberapa perbedaan yang unik di candi ini, di mana stupa candi muara takus berbentuk bulat keatas dan meruncing. Bentuk tersebut sangatlah tidak umum terjadi pada sebuah bangunan candi budha yang umumnya mempunyai bentuk lonceng duduk.

Candi Muara Takus, Candi Budha dengan Relief Artistik dan Megah

Candi Muara Takus mempunyai ukuran 7 x 7 meter yang di kelilingi oleh bangunan tembok dengan ukuran sekitar 74 x 74 meter, sehingga tampak sangat kokoh sekali berdiri.  Tidak hanya itu saja, andapun akan melihat penambahan tembok yang dibuat dari bahan tanah berukuran 1.5 x 1.5 kilomterer juga mengelilingi objek wisata candi muara takus.

Ketika candi muara takus di temukan oleh para peneliti, banyak yang berspekulasi bahwa candi tersebut merupakan bangunan peninggalam umat Budha yang berasal dari negara India, dikarenakan bentuk dari candi muara takus hampir sama dengan sebuah candi di negara tersebut, Candi Acoka. Namun beberapa peneliti juga berpendapat, bahwa candi muara takus merupakan peninggalan bersejarah dari Kerajaan Sriwijaya.

Yang menarik dari bangunan candi muara takus yaitu bahwa anda tidak akan melihat relief – relief ataupun gambar lainnya pada setiap dinding – dindingnya. Bangunan ini hanya memberikan arsitektur bertingkat dan bertumpuk membentuk satu kesatuan yang terlihat lebih artistic dan megah. Para wisatawan yang datang ke objek wisata candi muara takus juga dapat melakukan berbagai macam dokumentasi mulai dari berfoto – foto hingga merekam pemandangan dan panorama di sekitar candi.

Waktu Kunjung dan Tiket Masuk Candi Muara Takus

Objek wisata candi muara takus akan sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun asing ketika memasuki liburan pajang. Candi ini dapat dikunjungi mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore dengan membayar sekitar 5 ribu rupiah per orang untuk memasuki pusat wisata. Di dekat candi tersebut anda juga akan melihat beberapa fasilitas seperti tempat – tempat makan, perbelanjaan dan beberapa tempat – tempat lainnya yang mempermudah anda untuk melakukan liburan ke candi muara takus bersama keluarga ataupun teman – teman dengan lebih menyenangkan.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Objek Wisata Sejarah dan Budaya Candi Muara Takus Pekanbaru

Candi Muara Takus
Objek Wisata Sejarah dan Budaya Candi Muara Takus Pekanbaru | Ismail | 4.5 | Tags :sejarah candi muara takus, Candi Muara Takus,

Leave a Reply