Objek Wisata Museum Nasional Jakarta

Museum Nasional Jakarta
Advertisement

Museum Nasional merupakan objek wisata budaya yang terletak di Jl Medan Merdeka Barat 12, Jakarta. Objek wisata ini digunakan sebagai tempat pelestarian dan penyelamatan budaya bangsa Indonesia yang mulai punah termakan arus budaya asing yang datang secara bergelombang. Objek wisata Museum Nasional juga dapat digunakan sebagai pusat informasi secara edukatif cultural dan rekreatif bagi mereka yang ingin mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan bangsa Indonesia dari sabang hingga merauke.

Sejarah Museum Nasional Jakarta

Melihat dari sejarah Museum Nasional, objek wisata tersebut pertama kali didirikan oleh Pemerintahan Hindia Belanda sekitar tahun 1778 dengan nama awalnya sebagai Bataviaasch Genootshap van Kunsten en Wetenschappen. Lembaga yang didirikan tersebut mempunyai misi untuk melakukan penelitian dalam berbagai bidang ilmu pengetahun dan seni yang terdapat di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan lembaga tersebut semakin pesat, dan kemudian seorang pendiri yang bernama JCM Radermacher menyumbangkan sebuah bangunan rumah miliknya yang berada di daerah perdagangan Jakarta di Jalan Kalibesar. Inilah kemudian yang menjadi cikal bakal lahirnya Museum Nasional Indonesia. Hingga pada masa pemerintahan Inggris di pulau Jawa, Museum tersebut tidak dapat menampung koleksi – koleksi yang semakin banyak. Sehingga di bangunlah sebuah bangunan baru yang berlokasi di Jalan Majapahit nomor 3 Jakarta.

Namun demikian, diluar dugaan koleksi barang – barang seni dan ilmu pengetahuan lainnya semakin tidak terkendali, sehingga pada tahun 1862 pemerintahan Hindia Belanda memutuskan untuk membangun sebuah gedung dengan kapasitas besar yang sekarang ini dinamakan sebagai Museum Nasional di Jalan Medan Merdeka Barat 12.

Objek wisata Museum Nasional Jakarta sangat sering sekali dikunjungi oleh para pecinta seni dan juga murid – murid sekolah dasar yang melakukan study tour untuk mengenal kebudayaan bangsa Indonesia. Beberapa fasilitas yang dapat anda nikmati di tempat ini seperti, perpustakaan, taman bersantai, ruang pameran, dan tempat makan.

Waktu Kunjung Museum Nasional

Anda dapat berkunjung ke museum nasional pada hari – hari yang telah di tetapkan. Hari selasa hingga hari kamis, museum ini akan di buka pada pukul 08:30 hingga 14:30, untuk hari Jum-at di buka pada pukul 08:30 hingga 11:30, untuk hari sabtu di buka pada pukul 08:30 hingga 13:30, dan hari minggu di buka pada pukul 08:30 hingga 14:30. Sedangkan pada hari Senin dan hari Libur Nasional, objek wisata Museum Nasional akan ditutup untuk umum.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Objek Wisata Museum Nasional Jakarta

Museum Nasional Jakarta
Objek Wisata Museum Nasional Jakarta | Ismail | 4.5 | Tags :museum nasional jakarta, Museum Nasional, museum nasional indonesia,

Leave a Reply