Objek Wisata Gunung Galunggung Jawa Barat

Akses Gunung Galunggung
Advertisement

Gunung Galunggung – Terletak di daerah Tasikmalaya, Jawa Barat, objek wisata Gunung Galunggung merupakan sebuah tempat wisata alam yang menyajikan berbagai macam keindahan alam mulai dari panorama pegunungan, kawah, pepohonan besar dan hijau, kesegaran udaranya dan pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan.

Berdasarkan sejarahnya, Gunung Galunggung pertama kali meletus sekitar tahun 1822 yang telah memakan korban jiwa lebih dari 4 ribu orang dan selanjutnya pada tahun 1894 gunung berapi ini kembali meletus dengan korban jiwa antara 500 hingga 1000 jiwa. Hingga yang terakhir terjadi pada tahun 1982 gunung Galunggung mengeluarkan lahar dan abu yang menjangkau sekitar 20 kilometer ke udara sehingga menyebabkan kabut abu setebal 3 cetimeter dengan jarak area 15 kilometer dari pusat semburan.

Akses Menuju Gunung Galunggung

Walaupun objek wisata Gunung Galunggung sangat berbahaya dan masih aktif hingga saat ini, namun banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang untuk melihat keindahannya. Dengan menaiki kendaraan umum ataupun pribadi dari kota Tasikmalaya, anda dapat sampai di tempat wisata sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Objek wisata ini juga dekat sekali dengan wisata air panas yang terdapat di Cipanas, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

Untuk menikmati keindahan kawah Gunung Galunggung, anda perlu menaiki sekitar 620 anak tangga yang tentunya sangat melelahkan sekali. Anda pun dapat beristirahat sejenak dan berfoto – foto untuk menikmati pemandangan sekitarnya yang sangat indah. Sesampainya di daerah kaldera kawah Gunung Galunggung, tidak beberapa jauh anda akan melihat beberapa air terjun yang menghiasi lereng – lereng dibawahnya. Ini merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan, dan rasa lelah akan hilang dengan sesaat.

Berbagai Aktivitas Wisata Gunung Galunggung

Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di objek wisata Gunung Galunggung seperti memancing di danau atau kawah, berjalan – jalan menikmati keindahan alam, melihat matahari terbit dan tenggelam dari puncak gunung, dan menikmati kuliner masyarakat sekitar, namun anda tidak boleh melakukan aktivitas berenang di kawah tersebut, karena sangat berbahaya dan mengandung unsur – unsur mistis yang melegenda.

Jika anda berencana untuk berlibur dengan menikmati keindahan alam dan kesegaran udarannya, objek wisata gunung galunggung dapat menjadi salah satu alternative liburan anda bersama keluarga ataupun teman – teman dengan lebih menyenangkan untuk dilakukan. Biaya untuk berwisata ke tempat ini pun terbilang cukup murah dan terjangkau bagi setiap kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Objek Wisata Gunung Galunggung Jawa Barat

Akses Gunung GalunggungGunung Galunggung
Objek Wisata Gunung Galunggung Jawa Barat | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata pegunungan, wisata pemandian air panas, tempat wisata di tasikmalaya,

Leave a Reply