Objek Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat

Danau Maninjau
Advertisement

Danau Maninjau – Memasuki musim liburan panjang, tentunya melakukan aktivitas rekreasi bersama keluarga ataupun teman – teman dapat menjadi rencana berlibur yang menyenangkan. Dan bagi anda yang menyukai wisata danau serta ingin melihat kebudayaan masyarakat Indonesia, objek wisata Danau Maninjau dapat menjadi alternative liburan yang terbaik untuk dilakukan.

Objek wisata Danau Maninjau merupakan salah satu wisata danau yang terletak di Kec Tanjung Raya, Kab Agam, Sumatera Barat, Indonesia. Anda dapat mengunjungi objek wisata ini dari Kota Padang dengan menempuh waktu sekitar 4 hingga 5 jam perjalanan, atau dari kota Bukittinggi yang hanya menempuh waktu 2 hingga 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan umum seperti elf dan bus, ataupun dengan kendaraan pribadi.

Lokasi Wisata Danau Maninjau

Letaknya yang berada pada ketinggian 461.50 meter DPL menjadikan danau vulkanik ini sangat indah dan menyegarkan. Diperkirakan Danau Maninjau mempunyai luas area sekitar 99.5 kilometer kubik dengan maksimal kedalaman berada pada 495 meter. Anda akan melihat sebuah cekungan besar di danau tersebut yang diakibatkan oleh letusan gunung Sitinjau beberapa abad silam.

Bagi masyarakat sekitar Danau Maninjau, tempat tersebut sangat bermanfaat sekali sebagai sumber air yang mengalir melalui sungai Batang Sri Antokan. Tidak hanya itu saja, pemerintahan setempat pun memanfaatkan aliran hulu dari sungai tersebut sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA.

Berbagai macam aktivitas liburan yang dapat anda nikmati bersama keluarga dan teman – teman di danau maninjau seperti memancing, melihat area perternakan ikan air tawar, menikmati indahnya Danau Maninjau dengan menggunakan perahu, berkeliling danau dengan sepeda ataupun kendaraan sejenis, menikmati keindahan danau dari puncak tertinggi yang dinamakan puncak lawang, serta anda dapat menikmati beragam kuliner khas masyarakat sekitar.

Hal yang sangat unik ketika anda akan menuju ke pusat wisata Danau Maninjau yaitu anda akan melewati sebuah jalan yang disebut kelok 44. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan jalan yang dilalui mempunyai kelokan dengan jumlah sekitar 44. Ketika anda mulai menelusuri jalan tersebut dengan kendaraan, pastikan kendaraan yang anda bawa dalam keadaan baik dan fit, dikarenakan jalannya yang licin dan menurun ke bawah.

Secara garis besar, objek wisata Danau Maninjau sangat cocok sekali di kunjungi bagi anda yang ingin memperoleh kedamainan dan ketenangan dalam menghabiskan waktu liburan. Berbagai macam fasilitas mulai dari penginapan, restoran, transportasi dan lain sebagainya pun dapat anda temukan dengan mudah dan cepat, sehingga menjadikan liburan anda lebih menyenangkan.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Objek Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat

Danau Maninjau
Objek Wisata Danau Maninjau Sumatera Barat | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata di sumatera barat, wisata danau, wisata bukittinggi,

Leave a Reply