Nuansa Islami Masjid Al Irsyad

Mimbar Masjid Al Irsyad
Advertisement

Masjid Al Irsyad merupakan salah satu tempat peribadatan umat muslim yang terdapat di Kota Bandung. Masjid Irsyad ini memiliki luas sebanyak 1.871 meter dimana terdapat keunikan dibagian luar dan bagian dalam masjid. Dilihat secara sepintas, masjid ini nampak begitu sederhana. Namun jika anda mengunjunginya, kesederhanaan itu akan berubah menjadi sosok tempat peribadatan yang memiliki keunikan dan memiliki bangunan yang megah. Keunikan yang terdapat dibagian luar jika dilihat dari agak kejauhan, maka akan tampak kelihatan sebuah tulisan Arab yang bertuliskan dua lafaz kalimat tauhid yakni “ lailaha Ilallah Muhammad Rasullullah ”.

Kunikan Masjid Al Irsyad Bandung

Sedangkan di bagian dalam interior masjid. Malah akan terkesan sangat mewah dimana terdapat banyak jumlah lampu yang dipasang yakni sebanyak 99 buah. Lampu ini melambangkan simbol 99 buah nama-nama Allah atau Asmaul Husna dengan masing-masing lampu berbentuk kotak yang ditulisi dengan tulisan nama Allah. Masjid Al Irsyad yang dibangun dan di arsiteki oleh Ridwan Kamil ini. Memang sengaja dirancang agar Masjid ini memiliki bentuk yang unik yang bisa ditonjolkan dari segi bagian dalam dan fisik yang dapat dipadukan dengan memanfaatkan sinar matahari. Tak hanya itu, Masjid Al Irsyad yang ada di Kota Kembang ini juga terinspirasi dari sebuah konsep tawaf yang mengelilingi Ka’bah. Sehingga desaign Masjid ini sangatlah mirip dengan Ka’bah yang dapat menambah kesan kental terhadap pembangunan yang bernuansa Islami.

Selain itu, keunikan dari masjid ini juga dapat dilihat dari segi fisik yakni tersusunnya batu bata yang tertata rapi. Sebab batu tersebut dipoles hingga berbentuk lubang kecil yang terdapat di bagian bata dan solid. Bahkan keberadaan ini tambah diperindah dengan adanya perpaduan warna tiga warna yaitu putih, hitam, dan abu-abu yang sangatlah pas disesuaikan dengan bentuk fisik yang dimilikinya. Pembangunan Masjid mewah dan unik ini, hampir menelan dana sekitar Rp. 7 Miliar. Wow..bukanlah jumlah yang sedikit, bukan ?. Namun dengan biaya yang cukup besar ini. Dapat menjadikan Masjid Al Irsyad ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan Masjid lainnya. Tak hanya masjid, Bahkan sang arsitekpun langsung mendapatkan sebuah penghargaan paling bergengsi di tingkat dunia.

Masjid ini mampu menampung sekitar 1.500 jamaah ini. Masjid ini tidak memiliki tiang atau pilar di tengah untuk menopang atap, sehingga terasa begitu luas. Hanya empat sisi dinding yang menjadi pembatas sekaligus penopang atapnya. Dengan keunikan dan kemegahan yang terpancarkan oleh Masjid Al Irsyad. Hingga saat ini Masjid ini seringkali menjadi salah satu tujuan para wisatawan yang ingin beribadah sambil menikmati kemegahan dan keunikan apa yang telah dimilikinya

Indonesia Explorer:

5 Photos of the Nuansa Islami Masjid Al Irsyad

Gambar masjid al irsyad bandungmasjid al irsyad bandungFoto masjid al irsyad bandungMimbar Masjid Al IrsyadMasjid Al Irsyad Bandung
Nuansa Islami Masjid Al Irsyad | Ismail | 4.5 | Tags :masjid al irsyad, masjid al irsyad bandung,

Leave a Reply