Monas, Objek Wisata Sejarah Yang Menjadi Ikon Ibu Kota

monas ikon ibu kota
Advertisement

Monas atau yang sering disebut dengan istilah Monumen Nasional merupakan sebuah bangunan yang menjadi ikon ibu kota Jakarta. Objek wisata ini terletak di Lapangan Merdeka, Jakarta, Indonesia, yang dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 dan selesai pengerjaannya pada tanggal 12 Juli 1975.

Monas yang mempunyai ketinggian hingga 132 meter ini sengaja di bangun pada masa pemerintahan presiden Soekarno untuk mengenang perlawanan para pejuang indonesia dalam memperoleh kemerdekaan dari pemerintahan Hindia Belanda pada masa itu. Hal tersebut terlihat dari bentuk mahkota dengan relief api dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat rakyat Indonesia yang tidak akan padam untuk merebut dan memperoleh kemerdekaan dari para penjajah.

Mengenang Perjuangan Pahalawan Melalui Bangunan Bersejarah Monas

Monumen Nasional (Monas) telah resmi di buka oleh umum pada tanggal 12 Juli 1975 dan menjadi salah satu objek wisata bersejarah yang terdapat di Ibu KotaJakarta. Di karenakan tempatnya yang sangat strategis sehingga sangat memudahkan bagi para wisatawan lokal ataupun mancanegara yang ingin mengunjungi bangunan bersejarah Monumen Nasional.

Walaupun demikian, dengan semakin padatnya kendaraan yang terdapat di ibu kota saat ini, anda membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3 jam perjalanan dari bandara intenasional Soekarno Hatta dengan menggunakan taksi. Objek wisata monas di buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore dan pada hari Senin di minggu terakhir, Monumen Nasional akan di tutup untuk umum.

Ketika anda sampai di Monas, anda akan melihat sebuah relief patung manusia dan hewan yang di persenjatai oleh panah, bambu runcing dan senjata lainnya dengan latar cerita penggambaran sejarah Indonesia dalam menghadapi para penjajah. Pemandangan tersebut dapat anda lihat di sekeliling dan di setiap sudut tembok dekat halaman monas.

Mulai memasuki bangunan monas, ada beberapa ruangan yang patut anda kunjungi, mulai dari ruang Museum Sejarah Nasional yang di bangun di bawah permukaan tanah, ruang kemerdekaan yang terletak di bagian dalam cawan monument, dan pelataran puncak serta Api kemerdekaan yang terdapat di bagian atas bangunan Monas.

Jika anda sedang berada di kota Jakarta, ada baiknya untuk berjalan – jalan ke objek wisata monas untuk menyaksikan keindahan taman serta mengenal lebih jauh tentang sejarah Indonesia dalam menghadapi para penjajah. Untuk memasuki objek wisata ini, anda akan dikenakan biaya yang cukup murah dan terjangkau yaitu sebesar 3 ribu rupiah hingga 5 ribu rupiah per orang.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Monas, Objek Wisata Sejarah Yang Menjadi Ikon Ibu Kota

monas ikon ibu kota
Monas, Objek Wisata Sejarah Yang Menjadi Ikon Ibu Kota | Ismail | 4.5 | Tags :monas jakarta, wisata jakarta, monas,

Leave a Reply