Misteri Sejarah Gunung Bromo

Misteri Sejarah Gunung Bromo
Advertisement

Gunung Bromo ini terkenal memiliki keindahan matahari terbitnya atau juga dikenal dengan sebutan sunrise. Gunung ini juga memiliki keunikan yaitu adanya lautan pasir yang  berbentuk kaldera yang luas dan berada di atas gunung serta kawah gunung Bromo, dan dapat Anda nikmati pula obyek wisata lain yang menarik yang terdapat di Gunung Bromo antara lain Padang Savanah Bromo, Bukit Teletubies, Lautan Pasir Bromo, Upacara Kasada, Air Terjun Madakaripura dan sebagainya.

Gunung Bromo berasal dari bahasa Sanksekerta yaitu Brahma salah satu Dewa Utama Hindu,  gunung ini merupakan salah satu gunung yang masih menjadi obyek wisata yang terkenal. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang berada di Jawa Timur. Tercatat Gunung Bromo yang masih aktif ini tingginya mencapai sekitar 2.329 meter diatas permukaan air laut yang berada dalam empat wilayah antara lain Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Kabupaten Malang serta Pasuruan. Gunung Bromo ini memiliki daya tarik untuk para pengunjungnya yaitu bentuknya yang mempunyai lembah dan ngarai dengan hamparan pasir yang mencapai luas 10 km persegi serta bentuk dari puncak yang menyerupai mangkok terbalik yang masih aktif mengeluarkan kabut asap putih yang mengandung zat belerang.

Gunung Bromo memiliki sebuah kawah dengan garis tengah kurang lebih 800 meter di utara dan selatan dan kurang lebih 600 meter di barat dan timur. Dan untuk daerah yang berbahaya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Gunung Bromo. Titik akses yang biasanya sering digunakan untuk mengunjungi gunung ini adalah melalui desa yang bernama Cemoro Lowong dimana anda bisa berjalan kaki kurang lebih selama 45 menit sampai menuju letak gunung ini. Meski demikian kawasan gunung ini lebih sering dilarang untuk dikunjungi tergantung tingkat dari aktivitas vulkanik yang dikeluarkan gunung tersebut. Dan ada atraksi yang sebaiknya tidak Anda lewatkan adalah melihat dan menyaksikan rumah penduduk Tengger yang mempunya warna mencolok dan menyaksikan salah satu upacara Kasodo yang biasanya diselenggarakan tiap tahun sesuai dengan kalender suku Tengger.

Gunung Bromo memiliki sejarah letusan yaitu selama abad XX, gunung yang dikenal sebagai tempat wisata itu ternyata telah meletus sebanyak tiga kali dengan interval waktu yang sangat teratur yaitu 30 tahun dan letusan terbesar adalah terjadi pada tahun 1974 dan letusan yang terakhir terjadi pada tahun 2010.

Penduduk yang tinggal di Gunung Bromo bernama Suku Tengger, bagi penduduk Tengger yang tinggal di kawasan Gunung Bromo dipercaua sebagai gunung suci. Jadi untuk itu biasanya setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Acara ini diadakan di sebuah tempat yaitu di pura yang terletak di bawah kaki Gunung Bromo utara dan kemudian dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Dimana upacara ini akan dilangsungkan tengah malam hingga sampai dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo atau kesepuluh menurut penanggalan Jawa di suku Tengger.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Misteri Sejarah Gunung Bromo

Misteri Sejarah Gunung Bromo
Misteri Sejarah Gunung Bromo | Ismail | 4.5 | Tags :misteri gunung bromo, sejarah gunung bromo, wisata gunung bromo, Gunung Bromo,

Leave a Reply