Menyususuri Wisata Ekstrim Kalisuci Jogja

wisata kalisuci jogja
Advertisement

Wisata eksrim kalisuci – Kabupaten Gunung Kidul  ternyata menyimpan beragam keindahan alam yang sangat memukau. Tak hanya deretan pantainya yang membentang dari barat hingga timur, Gunung Kidul juga memannjakan para traveler dengan wisata minat khusus seperti caving, dan tubing. Berwisata memang tidak selalu identik dengan suasana yang santai dan rileks. Saat ini justru wisata alterntif (minat khusus) yang menantang adrenalin serta jiwa peualang justru kian marak dan diminati.  Hal itulah yang coba diangkat oleh pengelola wisata ekstrim Kalisuci Jogja.Wisata aleternatif yang hamper mirip dengan yang ditawarkan oleh Goa Pindul (red saat ini ditutup karena konflik) . Wisata ekstrim kalisuci juga menawarkan paket jelajah wisata berupa caving (susur gua) dan tubing (susr sungai menggunakan pelampung dari ban).

Mengapa dinamakan wisata ekstrim ? sebab, ketika kita menjelajah di kalisuci kita akan serasa dihadapkan pada medan yang cukup ekstrim. Traveler ditantang untuk menakhlukkan arus air sungai yang cukup deras, dengan deretan tebing batu yang menghadang di tepinya. Wisata ini akan membawa traveler menyusuri arus sungai bawah tanah. Namun sebelum mencapai lokasi permulaan, kita akan dipaksa mendaki perbukitan terlebih dahulu. Setelah sampai di mulut goa, traveler akan diajak menuruni gua sedalam 30 meter.

Nah, setelah samapai di dasar gua, barulah petualangan sesungguhnya dimulai. Traveler akan diajak untuk berarung jeram menggunakan ban dalam. Di posisi ini traveler akan dibawa pada dua keadaan yang berbeda. Suatu ketika adrenalin akan terpacu mengikuti derasnya arus bawah sungai, di sisi lain mata akan dimanjakan oleh keindahan tebing gua yang tersusun dari batu kapur. Di sini kita akan disajikan pemandangan yang sangat indah berupa batu batuan stalakmit dan stalaktit. Pada dinding gua juga terdapat batu batuan yang terkikis membentuk semacam green canyon sepanjang 700 meter. Meskipun arus sungai cukup deras, namun traveler akan tetap merasa aman karena dilengkapi dengan pelampung, pelindung kepala, lengan, serta lutut.  Wisata susur gua dan sungai ini akan memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam.

Wisata ekstrim Kalisuci terletak di pedukuhan Jetis, Pasar Rejo, Semanu ,Gunung Kidul atau sekitar 6 km sebelah timur Kota Wonosari (2 jam perjalanan dari kota jogja). Harga tiket paket wisata yang ditawarkan juga cukup murah sebanding dengan sensasi yang kita dapatkan, berikut ini daftar harga paket cave tubing kalisuci yang kami ambil dari website resminya.

Tips berlibur di kalisuci : Pilih waktu di antara musim hujan dan musim kemarau (masa peralihan) sebab saat musim hujan, air tampak keruh, sedang musim kemarau arus air kurang deras.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Menyususuri Wisata Ekstrim Kalisuci Jogja

kalisuciwisata kalisuci jogja
Menyususuri Wisata Ekstrim Kalisuci Jogja | Ismail | 4.5 | Tags :kalisuci jogja, wisata ektrim, kalisuci,