Menjelajahi Kebun Binatang Bandung

Menjelajahi Kebun Binatang Bandung
Advertisement

Warga Jawa Barat pasti sudah tidak asing dengan kebun binatang Bandung. Tempat ini menyimpan anega ragam hewan yang dijaga dan dilindungi. Anda bisa menyaksikan macam-macam hewan langka secara langsung, dan bisa juga berfoto dengan hewan-hewan tersebut. Untuk mengetahui lebih jauh, kami telah membuat rangkuman tentang asiknya Menjelajahi Kebun Binatang Bandung

Tempat wisata di Bandung memang sangat banyak jumlahnya. Objek wisata alam tersebr merata di sekeliling Kota Bandung ibu kota tatar Parahyangan Jawa Barat. Di Bandung Kota, Kebun Binatang Bandung termasuk salah satu obyek wisata di Bandung yang selalu padat pengunjung pada hari Sabtu-Ahad dan hari libur. Pengunjungnya tak hanya dari masyarakat Bandung saja tetapi banyak juga yang dari luar Bandung seperti Garut, Tasikmalaya, Subang, Sumedang, Garut, dan Purwakarta.

Kebun Binatang Bandung lokasi strategis karena masih di tengah Kota Bandung. Di sekitar Kebun Binatang Bandung, anda bisa sekalin mampir ke Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jalan Ganesha 10 dan Taman Ganesha yang juga merupakan taman konservasi burung. Untuk berbelanja, cukup memutar babakan Siliwangi dan anda sudah sampai di Jalan Cihampelas. Banyak distro pakaian dengan harga murah di sana.

Kebun Binatang Bandung sudah berkali-kali ganti nama dan pengelola. Dulunya, kebun binatang Bandung bernama Derenten (sunda: dierentuin) yang artinya kebun binatang. Kalau oleh pendirinya yaitu pemerintah kolonial Belanda menyebutnya dengan nama Jubileumpark yang dikelola oleh Bandung Zoological Park (BZP). Hal ini bisa dimaklumi karena banyak orang Belanda yang tinggal di Bandung sebagai pusat pemerintahan di Jawa Barat. Nama Derenten-dierentuin-Jubileumpark ini diresmikan tahun 1930.

Sebagai bukti bahwa kebun binatang Bandung sebagai tempat wisata orang Belanda adalah bahwa ketika Jepang menjajah Indonesia, kebun binatang ini dibiarkan tidak terawat hingga tahun 1948. Pasca kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah setempat melakukan rehabilitasi dan mengganti BZP menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957. Nama Tamansari sendiri diambil karena lokasi kebun binatang terletak di jalan Taman Sari Bandung.

Jauh sebelum ada Kebun Binatang Bandung, dulu pernah ada kebun binatang Cimindi di Cimahi dan kebun binatang Dago. Mengingat semakin banyaknya koleksi binatang dan jumlah pengunjung maka kedua kebun binatang tersebut dipindahkan ke jalan Tamansari.

Untuk menunjang kebun binatang Bandung sebagai tempat rekreasi keluarga, pengunjung bisa menikmati wahana rekreasi yang disediakan seperti area bermain anak-anak, flying fox, dan kolam perahu. Anda juga bisa melihat museum satwa awetan di museum, satwa jenis ini biasanya yang sudah mati. Untuk melengkapi rekreasi, anda bisa naik Gajah atau Unta.

Koleksi yang dimiliki kebun binatang Bandung diantaranya burung merak, beruang, komodo, gajah, harimau, tapir, kijang, unta, zebra, buaya muara, dan primata. Primata ada orang utan, siamang, dan primata endemi Jawa Barat yang terancam punah.

Satwa dari luar negeri (mancanegara) juga didatangkan untuk melengkapi koleksi seperti beruang coklat, harimau putih Benggala, kera Jepang, dan Jaguar. Meski hanya memiliki sekitar 1800 ekor satwa dari 220 jenis satwa, kebun binatang Bandung tergolong memiliki koleksi yang lengkap dan terawat dengan baik. Bisa anda saksikan sebuah miniatur ekosistem dalam sebuah kandang besar. Di kandang ini terdapat ular, bebek, ikan, kolam, iguana, pohon dan binatang kecil lainnya yang merupakan penyusun rantai makanan lengkap.

Akomodasi di Kebun Binatang Bandung

Jika anda menggunakan angkutan umum ke kebun binatang Bandung, tak perlu khawatir. Ada banyak pilihan akomodasi pilihan untuk menuju tempat wisata lain seperti Museum Geologi, Gedung Sate, jalan Cihampelas, Stasiun Bandung, Lembang, Tangkuban Perahu, Hutan Dago, dan tempat wisata lainnya. Di depan kebun binatang saja, ada angkutan kota jurusan terminal Cicaheum-Ledeng, Panghegar-Dipati Ukur, Sadang Serang-Caringin. Sedang dari jalan Juanda (Dago) anda bisa mencari angkuran kota (angkot) jurusan Dago-terminal Leuwi Panjang, Dago-Stasiun Hall Bandung, dan Dago-Kalapa.

Jika anda adalah bukan orang Bandung dan ingin menikmati berbagai tempat wisata di Bandung, tak perlu khawatir karena banyak tempat penginapan/hotel bisa anda pilih diantaranya sbb:

  • Hotel Geulis – Jalan Insinyur Haji Djuanda 129, Bandung. tlp. +62 22 2503600
  • Hotel Aston Tropicana Cihampelas – Jalan Cihampelas, Bandung. tlp. +62 22 2030101 ?
  • Cihampelas Hotel 2 – Jalan Cihampelas, Bandung 40131 tlp. +62 22 2043695
  • Sensa Hotel – Jl. Cihampelas No. 160 Cipaganti Coblong Bandung tlp. +62 22 2061111
  • Hotel Novotel Bandung – Jalan Cihampelas No 23 25, West Java, Bandung 40171 tlp. +62 22 4211001
  • The Palais Dago Hotel Bandung – Jl. IR. H.Juanda No 90 (Dago), Krobokon 40132 tlp. +62 22 2505111
  • Hotel Royal Dago Inn – Jalan Insinyur Haji Djuanda, Bandung tlp. +62 22 2502200
  • Amaris Hotel Cihampelas Bandung – Jalan Cihampelas, Bandung
  • Hotel Puma – Jalan Cihampelas, Bandung tlp. +62 22 2032081
  • Wisma Dago – Jl. Ciung Wanara, Bandung

Fungsi kebun binatang Bandung

Yayasan Marga Satwa Tamansari mengelola kebun binatang Bandung dengan berbagai fungsi sebagai berikut:

  • Fungsi kebudayaan. Kebun Binatang Bandung sebagai tempat untuk menanamkan kesadaran dan rasa cinta tanah air melalui pengamatan dan pemahaman kekayaan budaya, serta pengamatan dan pemahaman kekayaan flora dan fauna.
  • Fungsi pendidikan dan Iptek. Kebun Binatang Bandung merupakan sebagai sarana pendidikan (edukasi). Kebun Binatang Bandung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obyek riset atau penelitian di berbagai keilmuan. Mahasiswa Seni Rupa ITB sering menggelar perkuliahan melukis di kebun binatang Bandung.
  • Fungsi perlindungan dan pelestarian kekayaan alam. Kebun Binatang Bandung sebagai wahana pengembangan dan pelestarian flora dan fauna.
  • Fungsi rekreasi. Kebun binatang bandung sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat.

Untuk Menjelajahi Kebun Binatang Bandung, anda tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu besar, sehingga keuangan anda akan tetap terjaga dan stabil. Anda bisa berwisata dengan harga murah dan ekonomis, namun tetap mendapat kepuasan yang maksimal dengan melihat hewan-hewan langka. Kunjungi pula artikel tentang tempat wisata yang lain Wisata Bahari Lamongan

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Menjelajahi Kebun Binatang Bandung

Menjelajahi Kebun Binatang Bandung
Menjelajahi Kebun Binatang Bandung | Ismail | 4.5 | Tags :wisata di bandung, Wisata Kebun Binatang,

Leave a Reply