Menjelajah Keunikan Pulau Malenge Sulawesi

pulau malenge
Advertisement

Sudahkah anda menjelajahi keunikan Pulau Sulawesi? Jika belum, inilah saatnya anda memasukkan Sulawesi sebagai salah satu tujuan wisata anda di akhir tahun nanti. Sebagai pulau yang berada di tengah-tengah kepulauan Indonesia, Sulawesi penuh dengan keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Dari ujung utara hingga selatan, potensi wisata sangat menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi sebagai permulaan, mungkin anda bisa mencoba untuk mengunjungi Pulau Malenge, yang berada di kawasan Sulawesi Tengah tepatnya di Togean.

Pulau Malenge ini merupakan gabungan anara dua pulau, yaitu Pulau Papan yang merupakan tempat tinggal asli Suku Bajoe dan Pulau Kadoda yang merupakan cottage. Dua pulau itu dihubungkan dengan jembatan kayu sepanjang 1.800m. KOndisi geografisnya yang merupakan hutan tropis, dan juga sebagai kawasan tempat tinggal asli Suku Bajoe tentu saja kesan alami sangat kuat di pulau ini. Maka tidak salah jika kemudian kawasan pulau ini dijadikan sebagai Taman Nasional Kepulauan Togean.

Kegiatan dan Fasilitas Wisata Pulau Malenge

Anda akan mempunyai banyak kegiatan di pulau yang terletak di wilayah Kecamatan Walea, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah ini. Tetapi seperti wisata kepulauan lainnya, alat yang paling tepat untuk menjelajahi keindahan pulau ini tentu saja dengan speedboat atau kapal. Anda bisa membagi pembayaran biaya sewa kapal dengan wisatawan lainnya, atau jika anda menginginkan sensasi yang lebih intim anda bisa menyewanya sendirian.

Meskipun pulau ini terdiri dari dua pulau, banyak pulau-pulau di sekitar Pulau Malenge yang wajib untuk dikunjungi, seperti Pulau Angkaio yang merupakan habitat asli kepiting endemik Sulawesi, yaitu Kepiting Kenari. Kemudian juga ada Pulau Kadidiri, merupakan pulau alami yang belum tersentuh polusi untuk kehidupan bawah lautnya. Untuk menuju pulau terpencil ini dari Wakai hanya membutuhka waktu sekitar 30 menit dengan kapal. Jika anda ingin menginap di pulau ini, tiga buah penginapan sudah tersedia untuk anda.

Untuk menuju Pulau Malenge, anda bisa menggunakan perahu boat dari Ampana dengan memakan waktu sekitar 2-4 jam. Jika anda datang dari Jakarta, lebih baik anda memesan penerbangan menuju Palu atau Luwuk dengan maskapai Lion Air, Sriwijaya Air, atau Garuda Indonesia. Dengan biayan total-tiket pesawat plus taksi-sekitar Rp 2.000.000 dengan pertimbangan biaya lain-lain. Anda juga bisa memilih pilihan armada travel menuju Ampana, dengan tarif sekitar Rp 110.000. Jika anda datang dari Gorontalo, anda langsung bisa naik kapal feri selama 12 jam menuju Wakai yang kemudian akan berlayar ke Pulau Malenge.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Menjelajah Keunikan Pulau Malenge Sulawesi

pulau malengeKeindahan Pulau Malenge
Menjelajah Keunikan Pulau Malenge Sulawesi | Ismail | 4.5 | Tags :malenge sulawesi, pulau malenge,