Menilik Kemegahan Budaya Sumatera Selatan

masjid agung palembag
Advertisement

Budaya Sumatera Selatan - Agak kurang adil jika hanya mengunggulkan Bali dan Yogyakarta sebagai tujuan pariwisata utama di Indonesia, sementara hampir seluruh wilayah Indonesia adalah potensi wisata yang menjanjikan, dalam berbagai hal. Mungkin hanya Belitung yang sedikit menanjak akhir-akhir ini karena popularitas masif yang diraih oleh novel Laskar Pelangi yang berlatar di Pulau Belitung. Tetapi cobalah bergeser sedikit ke barat kemudian cobalah mengunjungi daerah di sebelah selatan di Pulau Sumatera, yaitu Propinsi Sumatera Selatan. Sebagai bekas daerah pusat Kerajaan Sriwijaya, tentu saja wilayah ini tidak kalah dengan wilayah-wilayah bekas kerajaan di Jawa, karena Sriwijaya adalah kerajaan pertama di Nusantara yang terkenal karena kekuatan angkatan lautnya. Apa yang bisa dinikmati dari tempat ini?

Tidak hanya di Sulawesi yang mempunyai situs Megalitik, karena ternyata di Sumatra Selatan pun ada situs Megalitik, tepatnya di daerah Pagaralam yang memang sedikit mirip dengan situs Megalitik di Sulawesi, tepatnya di Lore Lindu. Bahkan beberapa menyerupai situs Megalitik patung raksasa yang terdapat di Pulau Paskah. Wilayah ini juga merupakan wilayah yang sangat kental dengan akulturasi budaya, terutama kebudayaan Cina yang memang sangat terlihat jelas di berbagai hal, terutama bangunan. Untuk wisata sejarah, wilayah Sumatra Selatan tidak kalah dengan Jawa, karena banyak hal yang akan dijumpai di wilayah ini. Beberapa bangunan warisan Belanda juga dapat ditemui, salah satunya adalah Rumah Dinas Walikota hingga Kantor Ledeng. Wisatawan juga bisa melihat sebuah benteng asli buatan warga pribumi, yaitu Kuto Besak.

Tempat Wisata di Sumatera Selatan

Tetapi jangan salah, Sumatra Selatan merupakan salah satu propinsi modern di Sumatra, dan bahkan Indonesia. Jembatan Ampera yang fenomenal merupakan salah satu tujuan yang patut dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Sumatra Selatan. Bahkan jembatan yang menjadi ikon kota Palembang sebagai ibukota Propinsi Sumatra Selatan ini disebut sebagai “Golden Gate”. Wisatawan juga bisa melihat Jembatan Ampera dari bawah, tepatnya dari Sungai Musi, dengan perahu atau duduk di tepi sungai. Namun jangan beranjak dulu dari Sungai Musi, karena di sekitar sungai ini banyak hal yang harus dilihat, seperti Klenteng Hok Tjing Rio, sebuah klenteng dengan desain yang sangat menawan.

Jika bosan dengan suasana perkotaan, cobalah kunjungi perkebunan teh di lereng Gunung Dempo. Sejuknya udara pegunungan dan pemandangan yang ada akan mampu menyegarkan kembali pikiran. Satu hal lagi, dan yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan adalah wisata kuliner. Pempek, makanan khas wilayah ini yang tidak boleh dilewatkan ketika singgah di Sumatra Selatan. Sementara itu Danau Ranau, Air Terjun Subik Tuha, sumber air panas di kaki Gunung Seminung, Gua Putri, dan melihat habitat gajah Sumatra terbesar mungkin bisa menjadi agenda tambahan yang harus dikunjungi di Sumatra Selatan.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Menilik Kemegahan Budaya Sumatera Selatan

jembatan amperamasjid agung palembag
Menilik Kemegahan Budaya Sumatera Selatan | Ismail | 4.5 | Tags :masjid agung palembang, jembatan ampera, wisata sumatera selatan,