Menikmati Suasana Alami dan Asri di Danau Ranau Sumatera Selatan

perahu motor danau ranau
Advertisement

Danau Ranau – Sebagai danau terbesar ke dua yang terdapat di pulau Sumatera, Danau Ranau selalu memikat para wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk menikmati keindahan alamnya yang masih asri sekali. Berdasarkan sejarahnya, danau Ranau terbentuk akibat letusan gunung vulkanik di sertai dengan gempa bumi yang cukup dasyat yang mengakibatkan terbentuknya jurang dari sebuah sungai disekitar gunung.

Objek wisata Danau Ranau terletak di perbatasan antara Ogan Komering Ulu selatan dan Kabupaten Lampung Barat di Sumatera selatan. Dengan kondisi cuacanya yang cukup dingin, anda akan mendapati berbagai jenis tanaman dan semak belukar yang tumbuh di sekitaran danau untuk memberikan suasana yang alami dan asri untuk wisata di palembang.

Menikmati Keindahan Danau Ranau dari Dekat

Untuk menikmati keindahan wisata alam Danau Ranau dari jarak dekat, anda dapat menggunakan alat trasportasi perahu motor yang di kenal oleh masyarakat sekitar dengan nama ketek. Luas wilayah Danau Ranau sekitar 44 kilometer kubik sehingga anda dapat menghemat banyak waktu untuk menikmati suasana di Danau Ranau.

Namun sebelum anda berencana untuk menyewa perahu ketek di danau Ranau, kami sangat menyarankan kepada anda untuk melakukan penawaran harga mulai dari 100 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah. Jikalau anda tidak melakukan proses penawaran tersebut, maka anda akan dikenakan tariff penyewaan sebesar 600 ribu rupiah. Tentunya harga tersebut sangat memberatkan bagi anda bukan.

Hal yang menarik lainnya yang dapat anda temukan di objek wisata danau Ranau, yaitu anda dapat secara langsung membeli ikan – ikan segar dari para nelayan lokal yang melakukan penangkaran. Jenis – jenis ikan yang dapat anda temukan di Danau Ranau seperti ikan kepiat, ikan mujair, ikan harogan, dan ika kepor. Tentunya harga yang ditawarkan oleh para nelayan lebih murah dari pada harga di pasaran.

Transportasi dan Akomodasi Wisata Danau Ranau

Jika anda  berencana untuk berlama – lama berlibur ke Danau Ranau, anda pun dapat menemukan beberapa tempat penginapan dengan harga yang lebih murah. Biasanya para wisatawan lebih memilih menginap di rumah – rumah penduduk dekat dengan Danau Ranau, dengan harga sekitar 30 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah per malamnya.

Objek wisata danau ranau Sumatera ini dapat anda kunjungi dengan menggunakan mobil pribadi ataupun dengan kendaraan umum seperti bus dan elf yang menuju ke pusat wisata Danau Ranau. Biaya yang diperlukan untuk menaiki kendaraan umum berkisar antara 25 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Menikmati Suasana Alami dan Asri di Danau Ranau Sumatera Selatan

perahu motor danau ranauDanau Ranau
Menikmati Suasana Alami dan Asri di Danau Ranau Sumatera Selatan | Ismail | 4.5 | Tags :wisata sumatera barat, wisata di palembang,

Leave a Reply