Menikmati Sejuknya Udara di Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu
Advertisement

Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan salah tempat wisata favorit yang ada di Solo, Surakarta. Tawangmangu sendiri merupakan tempat wisata yang menyimpan sejuta misteri dan keindahan alam yang luar biasa karena letaknya yang tepat berada di sisi barat lereng Gunung Lawu atau Gunung Sewu. Secra geografis, Tawangmangu merupakan nama kecamatan yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dan perlu diketahui, bahwa Karanganyar ini merupakan yang ada di Solo, bukan Karanganyar yang terdapat di Kebumen. Tawangmangu terletak di ketinggian sekitar 1200 meter dibawah permukaan laut sehingga udaranya sangat sejuk, cocok sekali untuk berwisata ke tempat ini untuk menghilangkan penat.

Dengan cuacanya yang sejuk, banyak pengunjung yang menyamakan tempat ini seperti di daerah Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Bandung. Sejak jaman penjajahan Belanda, Tawangmangu memang menjadikan Grojogan Sewu sebagai tempat wisata unggulan dan telah dikenal luas oleh masyarakat Solo.

Akses Menuju Lokasi Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu berjarak sekitar 37 km di sebelah timur kota Solo atau Surakarta. Untuk sampai di tempat ini, dapat ditempuh dalam waktu yang tak lama, hanya sekitar 1 hingga 1,5 jam saja. pengunjung dapat mengendarai atau menggunkan bis jurusan Tawangmangu dari terminal Tirtonadi. Dari terminal ini, pengunjung dapat memilih berjalan kaki atau menggunkan angkutan umum untuk kemudian menuju gerbang Grojogan Sewu.

Dengan perjalan darat yang ditempuh sekitar 1,5 jam, Anda dapat menikmati pemandangan perawahan yang luar biasa di sebalh kanan kiri jalan yang hadir sepanjang jalan menuju wilayah Karanganyar. Grojogan Sewu merupakan salah satu objek wisata favorit yang ada di Tawangmangu dan menjadi ikon dari Kabupaten tawangmangu. Namun tak lengkap rasanya apabila hanya berwisata ke Grojogan Sewu saja, ada baiknya Anda juga menikmati suasana dan kesejukan udara di Tawangmangu sambil melihat suasana perkebunan dan kehidupan masyarakat sekitar untuk menghilangkan rasa penat karena rutinitas pekerjaan sehari-hari. Di tempat ini juga tersedia penginapan dan warung atau kedai yang menyediakan makanan dan minuman sembari bersantai dan menikmati suasana pegunungan yang asri.

Tawangmangu sendiri juga terkenal dengan produksi sayur dan buaha buahan yang segar. Sawah-sawah yang terbentang luas di daerah ini banyak ditanami wortel, sawi, lobak, strawbery, dan aneka buah dan sayur lainnya. Grojogan Sewu yang berarti juga Air Terjun Seribu. Air terjun ini terletak di hutan lindung dengan luas sekitar 20 hektar. Selain itu, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 81 meter, menjadikan Grojogan Sewu terkenal eksotik nan indah. Disekitar tempat wisata ini, anda dapat memanfaatkan beragam kegiatan yang memacu adrenalin anda, sepeti flying fox, arung jeram, playground, out bond, dan masih banyak lagi lainnya. Grojogan Sewu juga tempat para habitat kera liar, jadi tak heran bila kera-kera ini sering berbuat jahil kepada para pengunjung dengan mengambil makanan atau minuman bahkan hp Anda.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Menikmati Sejuknya Udara di Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu
Menikmati Sejuknya Udara di Grojogan Sewu Tawangmangu | Ismail | 4.5 | Tags :Tawangmangu, Grojogan Sewu, tempat wisata di Solo,

Leave a Reply