Menikmati Keindahan Pulau Cingkuak di Sumatera Selatan

Pulau Cingkuak
Advertisement

Pulau Cingkuak secara geografis terletak pada Kanagarian IV Jurai, Kota Painan. Painan sendiri merupakan sebuah kota kecil yang berada di Sumatera Selatan, yang sebagian besar penduduknya bermatapencarian sebagai nelayan, petani dan sisanya berprofesi sebagai pegawai negeri sipil. Untuk objek wisata di Sumatera Selatan memang tiada ada habisnya untuk dinikmati, kali ini objek wisata yang berada di kabupaten Pesisir Selatan yang memiliki wisata alam yang indah nan menarik. Pulau Cingkuak sendiri memiliki luas sekitar 4,5 hektar dan langsung berhadapan dengan Pulau Batu Kereta yang berada di kawasan Pantai Carocok Painan.

Pulai ini merupakan saksi bisu peninggalan dari sejarah kolonial yang ada di Pesisir Selatan, pada masa itu Pulau Cingkuak ini merupakan pusat perekonomian dan Pelabuhan di Sumatera Selatan. Apabila para wisatawan berkunjung ke pulau ini, maka akan melihat Benteng Portugis dan Prasasti Madame van Kempen. Di pulau ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun asing dan diantaranya adalah para pelajar atau mahasiswa yang sedang melakukan berbagai kegiatan alam, seperti kamping ataupun hiking. Dan di pulau Cingkuak ini sering kali dijadikan tempat atau objek penelitian pada setiap tahunnya oleh Balai Arkeolog yang berkedudukan di Medan.

Memang sebagian para wisatawan kurang mengenal objek wisata Alam Pulau Cingkuak, namun pulau ini menawarkan beragam pesona pantai terutama pasir putih yang ada di pantai ini. Dan keindahan pantai ini pun tak kalah dengan keindahan pantai Mentawai. Pulai Cingkuak ini memiliki sejarah yang patut diketahui, dimana pada abad ke 16, Pulau Cingkuak merupakan sebuah Pelabuhan kapal Internasional yang dahulu terkenal dengan sebutan Pelabuhan Emas Salido. Wisatawan dapat berkunjung ke Pulau ini melalui Kota Padang, dan akan sampai di Pulau Cingkuak sekitar 3 jam perjalanan. Hanya dengan membayar Rp 10.000 wisatawan dapat pergi ke Pulau ini dengan menyeberang melaui pantai Carocok, yang menghadirkan keindahan pantai yang begitu indah dan mempesona.

Di Pulau ini wisatawan dapat menikmati indahnya pantai yang memiliki pasir putih serta airnya yang tampak jernih. Selain menawarkan pesona pantai yang indah, Pulau ini juga memiliki beberapa peninggalan bersejarah dari kolonial Portugis  yang sayang apabila dilewatkan. Di pulau ini para wisatawan juga dapat menikmati beragam fasilitas yang telah disediakan, seperti banana boat (Rp 15ribu/orang), flaying fox dengan panjang sekitar 300 meter. Tak hanya dijadikan tempat berenang, pulau ini juga cocok dijadikan alternatif untuk foto pre wedding bagi pasangan pengantin yang ingin menikah. Sselian itu, Pulau Cingkuak ini merupakan salah satu objek wisata primadona yang berada di Sumatera Selatan, dan keberadaannya pun masih sangat asri.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Menikmati Keindahan Pulau Cingkuak di Sumatera Selatan

Pulau Cingkuak
Menikmati Keindahan Pulau Cingkuak di Sumatera Selatan | Ismail | 4.5 | Tags :pulau cingkuak, tempat wisata di sumatera barat,

Leave a Reply