Mengunjungi Wisata Candi Borobudur Penuh Sejarah

candi-borobudur
Advertisement

Hampir semua orang tahu tentang tempat wisata candi borobudur yang satu ini, Candi borobudur. Merupakan sebuah candi budha yang merupakan candi terbesar sejak abad ke-9 ini, bahkan bangunan ini masuk dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia peninggalan situs bersejarah waktu itu. Candi dengan jumlah total relief 1460 serta terdapat 504 jumlah stupa Budha. Sehingga membuat banyak orang wisatawan bahkan jutaaan orang yang datang untuk melihat sendiri bagaimana keindahan dan kemegahan dari bangunan candi borobudur ini. Jadi tidak mengherankan, karena dari segi arsitektur maupun fungsi dari candi ini sebagai tempat ibadah umat budha, menjadikan tempat ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Ditinjau dari sejarah wisata candi borobudur ini dibangun Raja samaratungga, raja tersebut dari kerajaan mataram yang masih keturunan dari wangsa syailendra. Menurut prasasti, Hudaya Kandahjaya juga mengungkapkan mengenai candi borobudur bahwa ini merupakan tempat peribadatan yang di bangun pada 26 mei 824 dan sudah hampir 100 tahun semenjak awal mula dibangun. Menurut beberapa orang nama candi ini mempunyai arti gunung yang berteras-teras, ada juga yang mengatakan borobudur adalah suatu biara terletak di tempat tinggi. Bangunan candi ini mempunyai bentuk berundak yang terdiri atas 10 tingkatan, mempunyai tinggi 42 meter.

Dengan 6 tingkat bawah berbentuk bujur sangkar, 3 atasnya berbentuk lingkaran, dan yang paling tinggi berbentuk stupa menghadap ke barat. Tiap tingkatannya sendiri melambangkan suatu tahapan atas kehidupan manusia. Maka semua orang yang ingin mencapai suatu tingkatan tertentu haruslah melewati tingkatan kehidupan. Hal ini sesuai dengan Mahzab Mahayana. Dari keseluruhan relief pada candi Borobudur mencerminkan ajaran dari sang Budha. Sehingga candi borobudur dijadikan media pembelajaran bagi semua kalangan yang ingin mempelajari lebih dalam tentang ajaran budha. Tidak hanya itu anda juga bisa menikmati desa-desa yang ada di sekitar candi yang menawarkan pemandangan tradisional serta keanekaragaman kerajinan yang dapat kita jadikan oleh-oleh maupun cendera mata wisatawan.

Dengan begitu banyak kehebatan yang tersimpan di dalamnya maka hal ini wajar jika banyak sekali orang yang datang dari penjuru dunia hanya untuk menyaksikan langsung candi termegah yang satu ini. Selain melihat kemegahan dan keindahan arsitektur candi, para wisata juga dapat menikmati keindahan alam juga sekaligus dapat menikmati wisata religi karena memiliki daya tarik dan kesan tersendiri yang berbeda dengan tempat wisata lainnya di indonesia bahkan di dunia. Sehingga tidak heran jika begitu banyak orang mengunjungi tempat wisata candi borobudur.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Mengunjungi Wisata Candi Borobudur Penuh Sejarah

candi-borobudur
Mengunjungi Wisata Candi Borobudur Penuh Sejarah | Ismail | 4.5 | Tags :wisata borobudur, candi borobudur,

Leave a Reply