Mengulik Keunikan Sejarah Alor Di Museum 1000 Moko Kalabahi

Pulau alor
Advertisement

Mungkin sekali-kali anda perlu mengajak keluarga anda untuk berwisata ke museum, mengapa, karena tentu saja hal tersebut penting terlebih lagi jika anda mempunyai anak yang masih sekolah karena dapat menambah wawasan anak tentang sejarah bangsa Indonesia. Tetapi museum apa yang akan dikunjungi? Cobalah anda datang ke Museum 1000 Moko yang terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kota Kalabahi, Kabupaten Alor. Lokasinya mudah ditemukan karena berada tak jauh dari pusat kota yaitu di Jalan Diponegoro.

Mengapa museum ini dinamakan Museum 1000 Moko karena konon Moko merupakan sebuah benda yang mewakili kebudayaan masyarakat Alor sebagai benda bernilai tinggi. Di dalam museum anda bisa melihat berbagai benda kuno seperti alat tenun kuno, kain tenun, gerabah, peralatan nelayan, serta tentu saja Moko.

Benda Bersejarah Museum 1000 Moko

Kompleks bangunan Museum 1000 Moko terbagi atas dua bangunan utama yang semuanya merupakan tempat untuk menyimpan benda-benda bersejarah. Tetapi benda-benda yang disimpan di kedua bangunan itu dibedakan atas jenisnya. Pada gedung pertama, benda-benda yang disimpan adalah benda-benda sejarah dan prasejarah. Sementara gedung kedua menyimpan koleksi berbagai macam jenis dan motif tenun khas masyarakat Alor yang disebut Kawate, dimana kain tenun ini membutuhkan pengaturan suhu dan cahaya yang tepat agar kain tidak mudah rusak.

Yang unik dari museum ini adalah benda-benda yang ada di museum ini bukan 100% benda yang dihasilkan oleh masyarakat Alor saja, tetapi juga benda-benda yang dibawa oleh para pendatang seperti porselen Cina, kain sutra dari India, kopiah dari Turki, serta sebuah arca perunggu dari era Majapahit. Sementara benda-benda asli masyarakat Alor yang bisa anda saksikan adalah cawat kulit kayu, peralatan tenun tradisional peralatan perang serta tusuk rambut. Untuk Moko, museum ini mempunyai sebuah Moko berukuran besar yang disebut Moko Nekara. Moko ini ditemukan pada tahun 1972, oleh Simon J Oil Balol yang kemudian menemukan Moko itu setelah mendapatkan petunjuk lewat mimpinya.

Untuk mengunjungi museum ini, anda harus memperhatikan jadwalnya, yaitu pada hari Senin sampai dengan Kamis, dari pukul 08.00-14.00 dan Jum’at yang buka dari jam 08.00-15.00. Anda bisa meminta salah satu pemandu untuk mendampingi anda dan mendapat penjelasan tentang berbagai hal yang akan anda lihat di museum. Untuk mencapai museum ini tidaklah sulit karena berada di ruas jalan utama Kota Kalabahi, yaitu Jalan Diponegoro. Artinya dengan moda transportasi apapun akan bisa mencapai tempat itu.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Mengulik Keunikan Sejarah Alor Di Museum 1000 Moko Kalabahi

Pulau alormuseum 1000 moko
Mengulik Keunikan Sejarah Alor Di Museum 1000 Moko Kalabahi | Ismail | 4.5 | Tags :museum kalabahi, museum 1000 moko,