Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga di Kebun Bintang Ragunan Jakarta

kebun binatang ragunan
Advertisement

Jika anda berada di kota Jakarta, pada musim liburan yang akan datang, anda dapat berkunjung ke tempat wisata kebun binatang ragunan bersama keluarga ataupun teman – teman. Tempat wisata ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda untuk mengenal lebih jauh mengenai hewan – hewan yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia bahkan beberapa diantaranya ada yang berasal dari luar negeri.

Objek wisata kebun binatang ragunan terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, JakartaSelatan, Indonesia. Luas area tempat wisata ini sekitar 140 hektar yang didirikan oleh perhimpunan penyayang flora dan fauna pada tahun 1864 dengan nama awalnya yaitu Planten En Dierentuin yang mempunyai arti sebagai Tanaman dan Kebun Binatang, dan lokasi kebun binatang tersebut terletak di daerah Cikini, Jakarta Pusat.

Hingga pada tahun 1969 Gubernur DKI Jakarta memindahkan objek wisata tersebut ke Ragunan dengan fungsi sebagai tempat penangkaran tumbuhan dan hewan – hewan yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Dan lambat laun, banyak masyarakat yang lebih sering menggunakan nama Kebun Binatang Ragunan sebagai inisial untuk objek wisata flora dan fauna yang terdapat di kota DKI Jakarta.

Koleksi Flora dan Fauna di Kebun Bintang Ragunan

Koleksi tanaman – tanaman yang dapat anda jumpai di kebun binatang ragunan hingga saat ini sudah mencapai angka yang fantastis, yaitu sekitar 30 ribu tanaman mulai dari pepohonan besar, rerumputan hingga tanaman hias bougenvil dan hibiscus. Sehingga tidak heran para pecinta tanaman akan berkunjung ke tempat wisata ini untuk menyaksikan berbagai macam flora yang langka dari jarak dekat.

Tempat wisata kebun binatang ragunan juga telah mempunyai koleksi satwa – satwa liar yang di datangkan dari seluruh pelosok tanah air, mulai dari burung, macan, badak, jerapah hingga hewan – hewan kecil yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Sekarang ini ada sekitar 3 ribu hewan yang hidup di kebun binatang ragunan dan terbagi dalam 260 jenis varietas yang berbeda.

Walaupun banyak sekali hewan – hewan yang berbahaya di kebun binatang ini, namun pihak pengelola kebun binatang telah mendesain kesemuanya dengan tingkat keamanan yang maksimal, sehingga para wisatawan yang datang dapat melakukan beragam aktivitas dengan nyaman dan tenteram.

Untuk memasuki objek wisata Kebun Ragunan Jakarta Selatan, anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah per orang. Beberapa fasilitas hiburan juga dapat anda nikmati dengan harga terjangkau mulai dari perahu angsa, menaiki kereta mini, bombom car, menunggang kuda dan unta serta masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah informasi singkat mengenai Kebun Binatang Ragunan yang ada di Jakarta. Bagi anda yang berdomisili di Bandung, Kebun binatang Gembira Loka bisa menjadi tujuan alternatif anda dan keluarga untuk memperkenalkan kepada anak anak mengenai jenis jenis binatang dan tumbuhan yang ada di dunia.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga di Kebun Bintang Ragunan Jakarta

koleksi hewan kebun binatang ragunankebun binatang ragunan
Mengisi Akhir Pekan Bersama Keluarga di Kebun Bintang Ragunan Jakarta | Ismail | 4.5 | Tags :tempat liburan keluarga, tempat wisata di jakarta,

Leave a Reply