Mengenal Sejarah Bank Indonesia di Museum Bank Indonesia Jakarta Utara

Koleksi Peninggalan Museum Bank Indonesia
Advertisement

Museum Bank Indonesia – Museum Bank Indonesia merupakan objek wisata bersejarah yang terdapat di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara, tepatnya di bagian depan stasiun Beos Kota atau di samping Museum Bank Mandiri. Tempat wisata ini terbilang cukup unik dan tentunya memberikan berbagai macam pengetahuan mengenai sejarah dari Bank Indonesia.

Awal mulanya bangunan objek wisata Museum Bank Indonesia adalah sebuah rumah sakit umum yang bernama Binnen Hospitaal, hingga pada sekitar tahun 1828, bangunan tersebut di ubah fungsinya menjadi tempat penyimpanan uang atau Bank dengan nama De Javashe Bank. Selama satu abad berlangsung, tepatnya pada tahun 1953 setelah 9 tahun kemerdekaan republic Indonesia, bangunan DJB di tetapkan sebagai Bank Sentral Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Bank Indonesia.

Selang 9 tahun kemudian yaitu pada tahun 1962, pemerintah Indonesia kemudian memindahkan Bank Indonesia tersebut ke lokasi baru dan lebih strategis, sehingga tempat BI yang dahulu mejadi kosong tanpa di gunakan untuk keperluaan yang penting. Akhirnya pada tahun 2006 Gubernur Bank Indonesia, Burhanuddin Abdullah meresmikan bangunan kosong tersebut sebagai Museum Bank Indonesia yang dapat di akses secara mudah oleh masyarakat umum.

Jika anda perhatikan bangunan Museum Bank Indonesia akan terlihat sangat unik, tradisional, dan kokoh berdiri dengan tegaknya. Area parkir yang tersedia di tempat ini pun cukup luas sekali, sehingga mempermudah bagi para pengunjung untuk memarkirkan kendaraannya tanpa perlu berdesak – desakkan.

Koleksi Peninggalan Museum Bank Indonesia

Seperti yang terlihat dari desain arsitektur exteriornya yang terlihat kuno, bagian interior bangunan tersebut juga terlihat hampir sama. Namun demikian, beragam fasilitas modern sudah di aplikasikan di Museum Bank Indonesia, seperti pintu kaca otomatis, dan ruangan full AC yang dapat membuat suasana ruangan menjadi cukup menyegarkan.

 

Ada berbagai macam peninggalan, fasilitas dan informasi sejarah yang dapat anda temukan di Museum Bank Indonesia, seperti mata uang baru, kursi koin, pintu baja, koleksi uang dari berbagai dunia dan tahun, informsi sejarah, bank tempo doeloe, karya – karya yang seru dan lucu, ruang teater dan taman luas di tengah – tengah bangunan.

Jam Buka Museum Bank Indonesia Jakarta

Objek wisata Museum Bank Indonesia di buka mulai hari selasa hingga minggu, dan pada hari senin dan hari – hari liburan nasional, tempat wisata Jakarta ini akan di tutup untuk umum. Yang lebih menarik dari semuanya adalah anda tidak perlu membayar sepeserpun untuk memasuki Museum Bank Indonesia.

Indonesia Explorer:

2 Photos of the Mengenal Sejarah Bank Indonesia di Museum Bank Indonesia Jakarta Utara

Koleksi Peninggalan Museum Bank IndonesiaMuseum Bank Indonesia
Mengenal Sejarah Bank Indonesia di Museum Bank Indonesia Jakarta Utara | Ismail | 4.5 | Tags :museum bank indonesia, sejarah museum bank indonesia,

Leave a Reply