Menerobos Curug Cipendok yang Masih Perawan

curug cipendok
Advertisement

Kabupaten Banyumas selain memiliki objek wisata batu Raden yang sangat terkenal, ternyata masih menyimpan wisata alternatif yang tak kalah indahnya. Banyak yang belum mengetahui bahwa Kabupaten yang beribuka di Purwokerto ini memiliki air terjun yang sangat indah Bernama Curug Cipendok. Curug atau air terjun ini juga menjadi air terjun tertinggi dan terbesar di Jawa Tengah dengan ketinggian hampir mencapai 150 meter. Menariknya lagi, wisata alternatif Banyumas yang disebut juga wanawisata ini masih alami, sehingga kesan sejuk dan asri menyelimuti panorama jika kita berkunjung ke tempat ini.

Curug Cipendok terletak di Desa Karangtengah Kecamatan cilongok atau sekitar 20 menit perjalanan dari pusat kota Purwokerto. Letak air terjun perawan ini berada di kaki bukit gunung Slamet sehinga debit airnya terus terjaga sepanjang musim. Kondisi geografis di sekitar curug yang merupakan hutan lebat memang membuat udara di sekitar curug sangat sejuk, bahkan bisa dibilang dingin dengan suhu hanya mencapai 14 derajat celcius.Curug Cipendok memang masih dibiarkan alami dan perawan belum begitu banyak expansi besar besaran agar tetap menjaga ekosistem di daerah tersebut. Kawasan kaki gunung Slamet selain sebagai hutan penyangga juga menjadi ekosistem berbagai fauna seperti burung, monyet.

Kendati masih dibiarkan alami, bukan berarti wanawisata curug cipendok tidak nyaman untuk berlibur. Sebab, pengelola wisata telah menyediakan akses jalan yang cukup bagus untuk menuju ke lokasi. Selain itu traveler juga tak hanya dimanjakan oleh panorama alam yang ada. Di Curug Cipendok juga terdapat beberapa wahana pendukung seperti flying fox, jungle tracking, serta lokasi untuk berkemah. tentu saja hal ini menjadi daya taik tersendiri bagi Anda yang menyukai wisata alam, atau outdoor. di sebelah jalan masuk ke lokasi Curug juga terdapat panggung hiburan yang seringkali dipakai untuk menghibur pengunjung kala musim liburan atau hari besar. curug Cipendok biasa ramai saat musim kemarau dan musim liburan sekolah serta lebaran. Bahkan saat lebaran Agustus 2013 kemarin rata-rata pengunjung mencapai 1000 pengunung per hari.

Untuk masuk dan menikmati keindahan alam Curug Cipendok, pengunjung ditarik retribusi seharga Rp. 7000 dan parkir Rp. 2000 untuk sepeda motor serta Rp. 3000 untuk mobil.

Indonesia Explorer:

5 Photos of the Menerobos Curug Cipendok yang Masih Perawan

curug cipendok cilongok banyumascurug cipendok cilongokcurug cipendok ajibarangcurug cipendok purwokertocurug cipendok
Menerobos Curug Cipendok yang Masih Perawan | Ismail | 4.5 | Tags :curug cipendok, lokasi curug cipendok,