Mencicipi Kemolekan Sop Janda

sop janda
Advertisement

Berwisata tanpa menyantap kuliner rasanya tak lengkap. Jika Anda sedang berwisata di daerah Jogja, tepatnya di Kecamatan Mlati sleman, jangan lewatkan sebuah kuliner unik dan sangat lezat bernama sop Janda. Mendengar nama masakan ini, tentu Anda sudah sangat penasaran untuk mencobanya. Sop janda memang tidak ada korelasinya sama sekali dengan “Janda” dalam artian yang sebenarnya. Sop ini merupakan perpaduan antara cita rasa Jawa dan Sunda, sehingga pencetus awal menyingkatnya menjadi Janda (red: Jawa-Sunda). Perpaduan rempah dari Jawa dan Sunda bisa terlihat dari bahan rempah yang digunakan. Jika Jawa terkenal dengan rempah Pala dan cengkeh, maka dipadukan dengan kayu manis, jahe, cengkeh, dan bunga kecombrang khas masakan sunda.

Bunga Kecombrang merupakan tanaman asli dari tanah Sunda. wiwid selaku pemilik warung mendatangkan langsung bunga kecombrang dari Jawa Barat. Bunga ini berkhasiat untuk mengobati panas dalam serta memunculkan aroma khas Sunda pada makanan sehingga aroma sop Janda akan semakin menggoda. Sop janda dibuat tanpa menggunakan MSG (penyedap rasa), untuk memunculkan rasa yang kuat Wiwid menambahkan aneka rempah-rempah dan memang itu yang ditoonjolkan. Selain kekuatan rempah-rempahnya, kelezatan sop Janda juga berada pada kuahnya. Kuah ini dibuat menggunakan pepaya muda. Pemilihan peaya muda sebagai bahan untuk kuah sangat beralasan. Sebab, campuran daging sapi sudah mengandung kolesterol dan lemak, maka Wiwid berniat menyeimbangkan dengan pepaya muda sebagai kuah.

Sop Janda yang disediakan cukup bervariasi dan namanya sangta unik. Dari daftar menu terlihat ada Janda Muda, janda ngamuk, janda junior dan Ranjau Janda. Pemberian nama tersebut didasarkan pada tingkat kepedasan sop. Meskipun unik dan sangat lezat, sop ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau cukup dengan menyiapkan uang Rp. 17.000 maka semangkuk sop lezat plus minuman sudah tersaji di meja Anda. Tetarik untuk ikut menyicipi Janda ? Silakan mampir di warung yang ada di Dusun Jongke Kidul Desa Sendangadi Kecamatan Mlati Sleman (depan Rusunawa Mlati).

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Mencicipi Kemolekan Sop Janda

sop janda
Mencicipi Kemolekan Sop Janda | Ismail | 4.5 | Tags :sop janda, kuliner jogja,