Melirik Ritual Tak Bat, Tradisi Pengumpulan Dana Biksu Biddha Theravada Laos Utara

Ritual Tak Bat
Advertisement

Berada di kota Luang Prabang, Laos Utara dan melihat barisan panjang biksu dengan jubah berwarna jingga dan berjalan tanpa alas kaki adalah pemandangan yang sangat menarik. Rohaniawan Buddha tersebut melakukan ritual Tak Bat. Tak bat adalah upacara pengumpulan sumbangan yang menjadi tradisi aliran Biddha Theravada sejak berabad abad yang lalu.

Berdasarkan kepercayaan Buddha Theravada, para biksu tidak diperbolehkan bertani dan memasak makanan untuk makanan mereka sendiri. Cara untuk menunjang kelangsungan hidup mereka adalah mengumpulkan sumbangan ari umat berupa makanan atau uang. Biksu makan sehari sekali dari hasil pemberian tersebut lalu akan meminum air sampai keesokan pagi.

Sebagian besar penduduk Thailand dan laos adalah penganut aliran Buddha Theravada. Untuk itulah ritual Tak Bat ini juga dijumpai di kota lain seperti Bangkok dan Chiang Mai. Di Luang Prabang ritual tak Bat ini terlihat lebih hidup karena kota ini mempunyai banyak biara dengan biksu yang mencapai ratusan yang melakukan upacara tersebut setiap pagi.

Keunikan inilah yang membuat banyak wisataan dari seluruh dunia berkunjung ke kota ini. Hal ini emngakibatkan ritual ini menjadi atraksi wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke negara ini. Dimulai pada pukul 05.30, para turis sudah memadati jalanan di kota Luang Prabang.

Di sudut yang lain, banyak pedagang lokal yang menjual dagangan mereka dengan agresif. Pedagang tersebut merayu semua wisatawan agar membeli nasi ketan dan buah-buahan untuk diberikan pada para biksu yang akan melawati jalanan tersebut. Alas duduk dan selendang tradisional Laos yang menjadi perlengkapan ritual Tak Bat juga ikut disewakan. Ritual ini di satu sisi juga menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

Pada pukul 6 pagi, iring-iringan panjang para biksu sudah mulai terlihat berjalan dengan sikap meditasi. Mereka tidak bicara dan melakukan kontak mata. Biksu yang senior berjalan paling depan dan diikuti yang biksu yang lebih muda berjalan dibelakangnya. Semua biksu membawa mangkuk yang nantinya akan terisi makanan pemberian.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Melirik Ritual Tak Bat, Tradisi Pengumpulan Dana Biksu Biddha Theravada Laos Utara

Ritual Tak Bat
Melirik Ritual Tak Bat, Tradisi Pengumpulan Dana Biksu Biddha Theravada Laos Utara | Ismail | 4.5 | Tags :tempat wisata unik,

Leave a Reply