Masjid Seribu Tiang Wisata Penyejuk Hati

Masjid Seribu Tiang Jambi
Advertisement

Masjid Seribu Tiang atau Masjid Agung Al-Falah merupakan salah satu tempat peribadatan umat islam yang banyak memiliki kandungan sejarah serta memiliki bangunan fisik yang unik. Tempat ibadah yang memiliki bangunan seluas 6.400 meter persegi dengan tanah seluas 2,7 hektar ini tidak memiliki satu pintupun.

Tempat ibadah ini berdiri kokoh di Kota Jambi yang dikerumuni dengan banyak penyangga (tiang). Meskipun dikenal dengan sebutan 1000 tiang, namun penyangga ini tidaklah memiliki jumlah tiang sebayak itu, melainkan hanya mencapai 256 tiang saja. Namun meskipun demikan masjid ini adalah satu-satunya tempat ibadah terbesar di Kota Jambi yang tidak memiliki tembok (dinding) dan pintu.

Sehingga hal ini dapat dikatakan bahwa dengan tidak adanya dinding dan pintu tersebut desiran keluar masuknya angin dapat menambah suasana ibadah di masjid ini terasa lebih menyejukkan hati. Hal inilah yang dapat membuat Masjid Seribu Tiang ini memiliki daya tarik yang cukup besar bagi para wisata/wisatawan yang ingin beribadah dan menikmati keunikan yang dimiliki oleh masjid ini. Bahkan para ulama-ulama besarpun kerap mengunjungi masjid yang megah ini.

Masjid Seribu Tiang di Topang Lapan Tiang Bertuliskan Kaligrafi

Dibagian tengah masjid terdapat delapan tiang penyangga yang berbeda dengan tiang lainnya. Dimana delapan tiang penyangga ini memiliki banyak ukiran yang dihiasi dengan tulisan kaligrafi yang dapat membuat para pengunjung atau saat beribadah di tempat ini akan nampak begitu megah dengan banyaknya tiang dan tulisan kaligrafi yang begitu indah. Jika dilihat secara sepintas, bangunan tempat ibadah umat muslim ini nampak terlihat seperti museum atau pendopo yang dikelilingi dengan tiang penyangga serta terdapat kubah besar terbuat dari kaca yang dihiasi dengan tulisan-tulisan arab (kaligrafi) yang dipadukan dengan ragam warna yang berbeda, agar sesuai dengan keadaan atau nuansa masjid tersebut.

Selama kurang lebih 3 tahun, yakni pada tahun 1971 hingga 1980. Tempat ibadah ini memang sengaja di rancang dengan konsep tanpa menggunakan pintu dan dinding. Sehingga pada tahun 1980 Masjid Seribu Tiang ini diresmikan oleh mantan Presiden Soeharto pada tanggal 29 September 1980. Masjid tua ini dapat menampung jemaah hingga mencapai 10 ribu jemaah.

Masjid Agung Al-Falah ini mampu menampung sekira 10 ribu jamaah, dan kerap dikunjungi ulama-ulama terkenal, salah satunya almarhum KH Abdurrahman Wahid.

2 Photos of the Masjid Seribu Tiang Wisata Penyejuk Hati

Masjid Seribu Tiang JambiMasjid Seribu Tiang
Masjid Seribu Tiang Wisata Penyejuk Hati | Ismail | 4.5 | Tags :gambar masjid agung, masjid seribu tiang,

Leave a Reply