Masjid Sagu, Masjid Tua Di Maluku

Masjid Sagu Masjid Tua Di Maluku
Advertisement

Masjid Sagu yang merupakan masjid tertua di Maluku ini sepintas kelihatannya tidak nampak seperti tempat peribadatan yang layak digunakan. Namun anda jangan salah, sebab Masjid ini menyimpan keunikan tersendiri yang pastinya tidak dimiliki oleh tempat ibadah lainnya dan merupakan sejarah kebudayaan agama islam serta merupakan Masjid paling sepuh (tua) yang ada di Maluku. Masjid Sagu ini secara fisik (keseluruhan) menggunakan bahan baku dasar yang berasal dari Sagu.

Tak hanya itu ternyata Masjid ini juga dirancang tanpa menggunakan bahan material yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan. Seperti halnya semen, paku dan bahan material lainnya. Sebenarnya Masjid ini dinamakan Masjid Wapauwe yang sudah berdiri kokoh pada abad ke 14. Menurut bahasa setempat “ Wapa” berarti “bawah”. Hal ini dikarenakan bahwa letaknya berada di bawah pohon mangga.  Namun masyarakat sekitar pada umumnya banyak yang menyebutnya sebagai sebutan Masjid Sagu.

Keunikan Masjid Sagu di Maluku

Dengan bahan Sagu yang dipakainya, hal ini sudah pasti bentuk Masjid Sagu Tertua Di Maluku ini sangatlah menarik dan unik. Tak hanya itu, selain memiliki bentuk yang cukup unik. Masjid yang sudah ada pada masa lampau ini, juga memiliki cerita yang sangat unik, aneh bin ajaib.

Dimana dahulu Masjid Sagu ini terdapat di Tehala, Kaitetu. Dimana desa ini berada di atas sekitar bukit kawasan Kaitetu. Anehnya tanpa disadari pada suatu pagi Masjid Sagu ini berpindah dengan sendirinya tanpa bantuan apapun ke daerah Wapauwe. Sehingga membuat masyarakat sekitar tercengang melihat keberadaan Masjid yang berpindah tempat dengan sendirinya (secara gaib). Cerita ini diwarisi oleh para orangtua mereka yang dulunya masih hidup yang menempati daerah ini, bahkan cerita ini sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar ( Kaitetu).

Hingga saat ini Masjid Sagu Tertua Di Maluku ini masih ada dan masih dijadikan sebagai tempat peribadatan bagi umat islam. Bahkan Masjid yang satu ini juga kerap dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin beribadah dan menyaksikan secara langsung serta ingin mengenal lebih dalam tentang Masjid Sagu ini.

Indonesia Explorer:

1 Photos of the Masjid Sagu, Masjid Tua Di Maluku

Masjid Sagu Masjid Tua Di Maluku
Masjid Sagu, Masjid Tua Di Maluku | Ismail | 4.5 | Tags :masjid tua di maluku, masjid di indonesia,

Leave a Reply